Warga Minta Dinkes Bitung Proaktif Penyakit Musim Penghujan

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung dr Vonny Dumingan

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung dr Vonny Dumingan

BITUNG,Suarasulutnews.co.id – Musim penghujan yang bakal berlangsung setelah musim kemarau, membuat kekuatiran baru bagi warga kota Bitung. Musim penghujan yang bakal berlangsung kali ini dikuatirkan memunculkan berbagai jenis penyakit berbahaya.

Heski Goni Wakil Sekretaris Forum Kota Sehat Bitung mengatkan, sekarang ini yang perlu diwaspadai adalah berbagai jenis penyakit yang bakal muncul menyerang warga saat musm hujan.

“Selain ancaman banjir, juga akan diserta dengan berbagaiu jenis penyakit seperti diare, gatal-gatal, demam berdarah dan malaria dan lainnya. Kami berharap Dins Kesehatan Kota Bitung dapat segera mengantisipasi ancaman poenyakit ini, termasuk obat-obatan. Jangan sampai warga menderita sakit dulu baru kita bergerak,” ungkap Goni.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung dr Vonny Dumingan dikonfirmasi melalui ponselnya membenarkan, ancaman bahaya penyakit pada musim penghujan yang harus diwaspadai.

“Kami sudah menurunkan Tim untuk melakukan sosialisasi pada masyarakat terhadap gangguan ekosistem di lingkungan masyarakat, selain pembersihan saluran, wadah-wadah juga saluran pembuangan tinja harus dibersihkan,” jelas Dumingan.

Selaiun itu lanjut Dumingan, Dinkes juga meminta semua pihak terkait agar ikut member perhatian termasuk pipa air bersih PDAM yang rusak agar diperbaiki mengingat pipa yang rusak bocor dapat dimasuki air lumpur atai comberan dan memasuki serta mengkontminasi   tempat penampungan air bersih di setiap rumah warga.

Untuk persediaan obat-obatan, kata Dumungan, Dinkes Bitung sudah mengantispasinya meski tidak semua obat persediaannya cukup. “Sebab ada obat-obatan yang ahrus dipesan dari pusat sehingga stoknya terbatas,” pungkasnya. (estefanus)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.