Lagi Minsel Dapatkan Bantuan 15 Alat Combine Harvester

Bantuan dari kementerian Pertanian 15 alat Combine Harvester di kabupaten Minsel

Bantuan dari kementerian Pertanian 15 alat Combine Harvester di kabupaten Minsel

Amurang,Suarasulutnews.co.id-Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan yang dipimpin Bupati Christiany Euginia Paruntu SE dan Wakil Bupati Franky Donny Wongkar SH kembali lagi memberikan yang terbaik bagi warga Minsel dengan hasil loby kedua pemimpin hebat ini.

Buktinya melalui kementrian Pertanian memberikan 15 buah alat Combine Harvester kepada Pemerintah Kabupaten Minsel yakni melalui Dinas Pertanian,dan ke 15 alat Combine Havester ini akan dibagikan kepada kelompok tani.

Kepada media ini Kepala Dinas Pertanian dan kehewanan Ir Decky Kentjem,melalui Sekretaris Dinas Alexander Sonambela mengatakan bahwa ke 15 alat tersebut sudah berada di kantor Pertanian dan Kehewanan.

“Ini semuanya hasil loby dari Bupati Chrsitiany Euginia Paruntu SE yang telah menghadirkan 15 alat pertanian atau alat pemotong padi,”kata Sonambela kepada media ini ,Rabu(8/6).

Untuk ke 15 alat tersebut,kata Sonambela,alan dipergunakan sebaiknya oleh kelompok tani sawah,sehingga dirinya mengharapkan ada pemeliharaan yang baik untuk 15 alat ini.

“Kami mengharapkan agar pihak kelompok tani dapat merawat dengan sebaik-baiknya,jangan baru beberapa bulan sudah rusak,sehingga tidak lagi berfungsi,”katanya.

Alat yang dianggarakan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara(APBN) tahun 2016,dengan model Maxxi-M dengan cuhting widht 12 cm,weight 650 kg serta feeding volume 0,7 kg/s.sangat tepat berada di daerah Pertanian,karena untuk proses panen padi akan menjadi lebih efektif dan muda dengan menggunakan alat ini.

“Karena alat ini adalah salah satu alat pertanian yang berfungsi untuk sebagai alat pemotong batang padi hingga memisahkan antara batang dan gabah.Jika akan dilakukan pemrosesan alat ini hanya dijalankan oleh dua operator,antara lain satu orang yang menjaid drivernya  dan operator,sementara yang lainya sebagai penjaga karung yang sudah terisi gabah,”jelas Sonambela.(jaan)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.