Sekda Kuhu Lepas 229 Mahasiswa STIKES Muhamadiya Manado PK/PKLT di Minut.

 MINUT – Sekretaris daerah (Sekda) kabupaten Minahasa Utara ( Minut) Ir. Jemmy Kuhu MM , melepas mahasiswa, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES), Muhamadiya Manado, turun lapangan di tujuh kecamatan dalam rangka Pelaksanaan Praktek Komunitas/Praktek Kerja Lapangan Terpadu (PK/PKLT), jumat (14/2/2020). Stikes Muhamadiya Manado setiap tahun melaksanakan Pelaksabaan Praktek Komunitas/Praktek Kerja Lapangan Terpadu (PK/PKLT).

Ketua Stikes Muhammadiyah Manado Agust Arthur Laya, SKM., M.Kes menjelaskan, setiap tahun program ini kami lakukan, kali ini di Tujuh Kecamatan di Minut yaitu, Likbar, Liktim Kalawat, Talawan, Airmadidi, kauditan dan Dumembe.

 “Mereka berjumlah 229 orang dan akan ditempatkan di tujuh kecamatan. Mereka melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, namun mereka lebih diarahkan bidang kesehatan di desa desa,” kata Arthur.

Lanjut Arthur menuturkan, jadi kami berharapkan pemerintah daerah dapat mendukung kegiatan mereka dalam hal ini, dinas kesehatan dibawahnya puskesmas puskesmas agar dapat membimbing anak anak kami dalam kegiatan ini.

“Mereka akan mengaplikasikan ilmu mereka yaitu dari keperawatan, kebidanan dan formasi. Mereka dilapangan dengan lama 21 hari terhitung mulai hari ini, perincian kebidanan ada 83 orang, keperawatan 99 orang, formasi 47 orang dan mereka lebih fokus tempatkan di desa desa agar dekat dengan masyarakat, ” tutur ketua Stikes manado ini.

Sementara ditempat yang sama bupati minut yang di wakili sekda, Ir. Jemmy Kuhu MM Menyatakan, pemerintah lewat dinas kesehatan sangat membantu dan sangat di butukan ilmu dari masiswa Stikes Muhammadiyah Manado untuk di terapkan di masyarakat.

“Kami bersyukur menerima Adik-adik mahasiswa yang nantinya akan menyumbangkan ilmu kepada masyarakat yang ada tujuh kecamatan di minut, Dan saya harap dapat menyesuaikan budaya ditenga-tenga masyarakat nanti, dan saya harap pemerintah desa dan kecamatan bahkan puskesmas yang ada, dapat menerima mereka dengan baik, ” kata Kuhu sambil menyatakan permohonan maaf dari bupati VAP atas tidak sempatnya hadir dalam acara ini karena ada tugas luar daerah. (Yan Selang)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.