Bupati Hadiri Forum Musyawarah Desa Mononuduso dan Mohohoitutulo

Bupati Hadiri Forum Musyawarah Desa Mononuduso dan MohohoitutuloBoroko – (08/06) Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. DEPRI PONTOH menghadiri Forum Musyawarah Desa Mononuduso dan Mohohoitutulo mengenai Penyelesaian Konflik Batas Wilayah Desa yang bertempat di Kantor Desa Kuala Kecamatan Kaidipang. Forum Musyawarah dilaksanakan untuk menyelesaikan masalah batas wilayah desa antara desa Kuala dengan Kuala Utara.

Dalam sambutanya, Bupati mengapresiasi semua pihak yang telahmelaksanakan Forum musyawarah Desa, hal ini sangat perlu untuk dikembangkan dan dilestarikan kebiasaan-kebiasaan yang menjadi adat istiadat masyarakat. Bupati mengatakan Forum Musyawarah Desa bukanlah hal baru bagi masyarakat Bolaang Mongondow Utara, tapi seiring dengan perkembangan zaman membuat kebiasaan adat masyarakat ini mulai terkikis dan mulai dilupakan.

Untuk itu, Bupati mengajak seluruh elemen masyarakat agar sepakat dan berkomitmen bersama dalam mengankat kembali kearifan lokal Bolaang Mongondow Utara. Forum Musyawarah Desa Mononuduso dan Mohohoitutulo yang dilaksanakan merupakan awal yang baik untuk melibatkan hukum adat dalam penyelesaian konflik. Permasalahan yang terjadi ditingkatan Desa seperti sengketa tapal batas Desa akan lebih efektif diselesaikan dalam Forum Musyawarah Desa. Dan untuk menindaklanjuti hal tersebut akan dibuat Peraturan Bupati (PERBUP) yang mengatur tentang penerapan Hukum Adat di Desa.

Forum Musyawarah dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Drs. Faridudin Gumohung, Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kesbangpol Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Para Camat se-Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Para Sangadi se-Kecamatan Kaidipang, Lembaga Adat Kecamatan Kaidipang, Lembaga Adat Desa Kuala, Lembaga Adat Desa Kuala Utara serta Tokoh adat dan Tokoh Masyarakat Kecamatan Kaidipang.(andi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.