Dana Desa Tahap Pertama Siap dicairkan

Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. DEPRI PONTOH

Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. Depri Pontoh

Bolmut – Dana Desa tahap Satu 40%, Rp 11 Milliar diperuntukan 106 Desa sekabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Siap dikucurkan.

Saat ini Pemerintah tinggal menunggu kelengkapan dokumen dari masing – masing Desa, yang menjadi syarat pencairan dana yang bersumber pada APBN tersebut.

Kepada Wartawan Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Pemdes), Abdul Muis Suratinoyo menjelaskan, sebelumnya Desah sudah memasukan Perdes APBDes yang dipersyaratkan dalamnpencairan dana tersebut. Namun hasil kajian pemerintah masi banyak kekurangan sehinggabharus dilakukan perbaikan.

“Sudah 38 Desa yang mengembalikan, setelah diverifikasi dinyatakan lengkap danblangsung disodorkan ke bagian hukum untukbmenerbitkan SK. Dan masi ada beberapa desa lagi yang dalam proses verifikasi. Muda-mudahan dalam beberapa kedepan sudah selesai,” Kata suratinoyo. (17/6)

Dirinya mengakui, bahwa pekan depan sudah bisa dilakukan pencairan, dengan ketentuan semua persyaratan sudah terpenuhi,’ Kalau sudah ada SK kami tinggal mengajukan rekomendasi pencairan ke DPPKAD.”Ucap Suratinoyo.

Dirinya juga mengungkapkan, besaran yang diterima masin-masing Desa berfariasi, sebab disesuaikan dengan kriteria, luas wilayah, jumlah penduduk, tingkat kemiskinan. Sedangkan peruntukanya  mengacu ke Permendes nomor 5/2015 tentang prioritas penggunaan dana desa, yang diikuti dengan perbup nomor 9/2015 tentang pedoman dan penetapan rincian dana desa.

“Untuk tahap 1 terkecil 256 Juta dan terbesar 298 perdesa. Selain dana desa juga ADD (Alokasi dana desa) yang bersumber dari APBD.

Sementara Bupati Drs Dedri Pontoh menegaskan, Kepada para sangadi dan jajaranya agar dalam pengelolaan dana desa tersebut untuk tetap mengikuti juknis yang ada.

“Saya tidak menginginkan ada sangadi yang  terjerat hukum karena ketidak tahuan. Bila merasa tidak tahu bertanya, jangan mengambil keputusan sendiri. Hari ini terima uang, esok sangadi harus siap diperiksa. Untuk itu saya harapkan pengelolaan dana harus sesuai peruntukanya,” tegas Depri. (andi)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.