Idul Fitri 1436H,Bupati dan Muspida Sholat Ied Bersama

Boroko,Suarasulutnews.co.id– (17/07) Ribuan Umat Islam di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara mengikuti Sholat IED di Lapangan Kembar Boroko bersama Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. DEPRI PONTOH dan Unsur Muspida.

Dalam pelaksanaan Sholat IED bersama tersebut berjalan hikmad, dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow Utara SULAIMAN AMBA, S.Ag bertindak sebagai Khatib. Dalam khotbanya menyampaikan pada hari yang berbahagia ini umat Islam diseluruh penjuru Dunia merasa gembira karena berada di hari kemenangan setelah berperang melawan hawa nafsu sebulan lamanya. Bulan Ramadhan kita lewati bersama dengan penuh amal wajib dan sunnah, kitapun mengeluarkan zakat fitrah dan zakat mal sebagai pembersih diri dan harta bahkan memberikan infaq dan sedekah. Bulan suci Ramadhan meninggalkan sejuta kenangan dengan penuh makna dalam kehidupan umat manusia.

Khatib mengajak kepada seluruh Umat Islam agar Ibadah puasa yang dilakukan di Bulan Suci Ramadhan kita jadikan sebagai Muhasabah yaitu menghitung dan mengevaluasi diri, mengintrospeksi perjalanan setahun lalu yakni berapa banyak perintah Allah yang kita laksanakan dan berapa banyak pula pelanggaran yang sempat kita lakukan. Dengan Maha Pengasih dan Penyayang Allah kepada Hamba-Nya, disediakan Bulan Ramadhan sebagai tempat pengampunan bahkan dapat kita katakana Bulan pemutihan atas segala kesalahan dan kekhilafan.

Sebulan penuh kita berperang melakukan Jihad yang paling besar melawan hawa Nafsu. Manusia yang selalu memperturutkan hawa nafsunya akan melahirkan persoalan-persoalan baru dalam kehidupan umat manusia itu sendiri. Orang yang berpuasa juga diajarkan kejujuran, Apabila suatu Negara dihuni penduduk yang beriman dan bertaqwa tentunya yang jujur dan benar maka Allah SWT akan melimpahkan karunianya berupa rezeki dari berbagai arah datangnya dan kata jujur ini relevan dengan visi Pemerintah Daerah yaitu Jujur, Unggul, adil dan Sejahtera. Namun kata Khatib, Negara itu penduduknya lebih banyak kufur dari pada syukur bahkan membuat kerusakan di muka bumi, maka Allah akan peringatkan melalui tanda-tanda kebesaran ayat-ayatnya. Semua yang terurai ini dijadikan renungan untuk menatap dan menata kehidupan di masa depan dengan membuat proyek perubahan.

Khatib juga menyampaikan bahwa Kita semua sudah sepatutnya bersyukur karena masyarakat Boalaang Mongondow Utara masyarakatnya majemuk tapi rama, dihuni oleh berbagai suku, etnis dan golongan namun hidup berdampingan, rukun dan damai. Pembangunan infrastruktur kita mula rasakan, pimpinan dan anggota legislatif dan eksekutif bagaikan mata rantai yang tak terpisahkan, semua SKPD bergandengan tangan, masyarakat dan pemimpin tidak bertentangan, demikian keadaan yang wajib kita pertahankan bahkan ditingkatkan demi kelansungan hidup generasi mendatang.

Usai pelaksanaan Sholat IED, dilanjutkan dengan Open House dimasing-masing kediaman Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. DEPRI PONTOH dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara SURIANSYAH KOROMPOT, SH.

Sebelumnya, ratusan iring-iringan kenderaan yang melakukan pawai menandai dimulainya perayaan Malam takbiran Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1436 H, (16/07). Pawai Takbir ini dilepas secara resmi oleh Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara.(andi)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.