Wabub Suriansyah Buka Pelatihan Kader Kesehatan Hewan di Bolmut

Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara SURIANSYAH KOROMPOT, SH secara resmi membuka acara Pelatihan Kader Kesehatan Hewan di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara SURIANSYAH KOROMPOT, SH secara resmi membuka acara Pelatihan Kader Kesehatan Hewan di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

BOROKO,Suarasulutnews.co.id–Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara SURIANSYAH KOROMPOT, SH secara resmi membuka acara Pelatihan Kader Kesehatan Hewan di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang bertempat di Rumah Makan Bounor Beach Desa Kuala Utara Kecamatan Kaidipang.

Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan oleh Dinas Pertanian Peternakan Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani peternak serta penyuluh dalam pencegahan dan penanggulangan penyakit pada hewan ternak.

Sambutan Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. DEPRI PONTOH yang dibacakan oleh Wakil Bupati menyampaikan bahwa dalam rangka pencapaian sasaran strategi pengendalian penyakit hewan, Pemerintah Pusat mengamanatkan adanya keterlibatan masyarakat dalam pengendalian dan pemberantasan penyakit hewan dimana keberadaan masyarakat sebagai kader yang sudah dilatih akan menjadi sektor ketiga (sektor publik) yang mengedepankan kepedulian sosial yang mampu memberikan pelayanan kesehatan hewan yang sifatnya public goods dimana dalam implementasinya akan saling bersinergi dengan bidang peternakan yang menangani kesehatan hewan.

Berkaitan dengan hal tersebut, Bupati mengatakan Pelatihan ini sangat strategis untuk membangun komitmen bersama dalam rangka melindungi masyarakat dan sumber daya peternakan dari ancaman penularan penyakit serta mewujudkan Bolaang Mongondow Utara menjadi wilayah bebas penyakit hewan endemic.

Dengan terlatihnya kader kesehatan hewan, diharapkan menjadi salah satu wujud komitmen Pemerintah kabupaten untuk menjadikan pengendalian penyakit hewan sebagai salah satu program prioritas di Daerah, dan juga dapat membangun sistem pengendalian penyakit hewan yang komprehensif, terpadu dan berkesinambungan.

Acara dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Peternakan Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Ir. DJAKARIA BABAY, S. Sos, S.Mn, Kepala Seksi Kesmafet Balai Kesmafet Provinsi Sulawesi Utara dr.h. HANA TIOHU dan dr.h. Nyoman Rully Sebagai pemateri dalam acara pelatihan tersebut dan Peserta Pelatihan Petani/Peternak dan Penyuluh Kecamatan se-Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.(andi)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.