Bupati Depri Pontoh Buka Bimtek Akreditasi Sekolah

BOROKO,Suarasulutnews.co.id-Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. DEPRI PONTOH secara resmi membuka Acara Bimbingan Teknis (BIMTEK) Akreditasi SD, SMP, SMA dan SMK Tingkat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang bertempat di Hotel Metro Boroko.
Kegiatan yang digelar oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bolaang Mongondow Utara ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja Kepala Sekolah dan Guru dalam rangka meningkatkan nilai akreditasi Sekolah. Melalui Bimtek ini diharapkan dokumen akreditasi sekolah tersusun dengan baik.
Dalam sambutannya, Bupati mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini, yang diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang substansi akreditas sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.
Bupati mengatakan Akreditasi sekolah bertujuan untuk memberikan informasi tentang kelayakan sekolah atau program yang dilaksanakannya berdasarkan Standar Nasional Pendidikan, memberikan pengakuan peringkat kelayakan dan rekomendasi tentang penjaminan mutu pendidikan kepada program dan satuan pendidikan yang diakreditasi dan pihak terkait.
Untuk melaksanakan akreditasi Sekolah/Madrasah, Pemerintah telah membentuk Badan Akreditas Nasional, dimana akreditasi sekolah merupakan kegiatan penilaian tentang kelayakan penyelenggaraan pendidikan yang ditunjukkan oleh sekolah/madrasah yang meliputi komponen dalam Standar Nasional Pendidikan diantaranya Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompotensi Lulusan, Standar Pendidikan dan Tenaga Pendidik, Standar Sarana dan Prrasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan dan Standar Nilai Pendidikan.
Berkaitan dengan hal tersebut, dihimbau indikator terkait kriteria yang ditetapkan agar supaya dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Untuk itu, Dinas Pendidikan melalui Bidang terkait agar dapat membantu, mengarahkan dan dapat mendampingi para Kepala Sekolah dalam mempersiapkan akreditasi sekolahnya masing-masing. Diharapkan melalui Bimtek ini akan memberikan solusi yang terbaik dalam meningkatkan mutu pendidikan dan tenaga kependidikan secara keseluruhan.
Acara dihadiri oleh Sekretaris Badan Akreditasi Sulawesi Utara Drs. ASP. MONGAN, MscEd, Asisten Ekonomi dan Pembagunan Sekda Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Ir. SUTRISNO GOMA, MP, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bolaang Mongondow Utara ABD. NAZARUDIN MALOHO, S.Pd, M.Si, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah dan Guru Bantu SD, SMP, SMA dan SMK se-Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.(andi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.