Bupati Depri Pontoh Buka Sosialisasi Pemutahiran Data Pajak

BOLANGITANG BARAT,Suarasulutnews.co.id – Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. DEPRI PONTOH secara resmi membuka acara Sosialisasi Pemutakhiran Data Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Pajak Daerah Non PBB serta Retribusi Daerah Tahun 2015 yang bertempat di Randy Grand Palace.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan apresiasi pelaksanaan kegiatan ini. Pajak dan retribusi daerah merupakan salah satu sumber pendapatan daerah yang penting guna membiayai penyelenggaraan pemerintah daerah untuk memantapkan otonomi daerah yang luas, nyata dan bertanggung jawab.

Kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan momentum yang tepat bagi Kepala Desa dan Perangkatnya dalam menghadapi kebijakan pemerintah tentang pengalihan pengelolaan pajak bumi dan bangunan sektor pedesaan dan perkotaan yang telah dilaksanakan sejak 1 jaunurai 2014.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman secara utuh tentang tahapan pemutakhiran data PBB yang akan ditetapkan pada tahun 2016, dimana Pemerintah Daerah rencananya akan menaikan nilai jual objek PBB. Bupati mengatakan kenaikan ini berdasarkan pendekatan-pendekatan akademik tentang pengelolaan PBB yang salah satunya dinilai dari nilai jual transaksi jual beli yang dilakukan.

Bupati juga menyampaikan harapan PBB Kabupaten Bolaang Mongondow Utara akan lebih meningkat lagi di tahun berikutnya. Apa yang dilakukan saat ini dalam upaya meningkatkan penerimaan daerah dari sektor pajak setiap tahun. Untuk itu, Bupati mengajak semua pihak berkomitmen dalam bekerja dan menyediakan layanan yang mudah, lancar transparan kepada masyarakat/wajib pajak. Butuh kerja sama dan kerja keras seluruh pihak, baik Dinas PPKAD maupun para pegawai atau petugas PBB di tingkat Kecamatan, Kelurahan/Desa yang merupakan ujung tombak pemberian pelayanan kepada Wajib Pajak.

Acara dihadiri oleh Asisten Administrasi Umum Sekda Kabupaten Bolaang Mongondow Utara DR. ASRIPAN NANI, M.Si, Kepala Dinas PPKAD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara AANG WARDIMAN, AK, Kepala BPMPD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Drs. HALIFAKS OLII, Camat, Sangadi dan Perangkat Desa se-Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.(andi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.