Panwaslu Sangihe Jaring Personil Panwascam

Ketua Panwaslu Kabupaten Sangihe, Sandrianto Sentinuwo SH dan Pdt.Jimmy Sudin STh

Ketua Panwaslu Kabupaten Sangihe, Sandrianto Sentinuwo SH dan Pdt.Jimmy Sudin STh

Tahuna-Pasca ditandatanganinya Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dengan Pemkab Sangihe pekan lalu, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Sangihe langsung bergerak melaksanakan agenda penting, yakni penjaringan personil panwaslu kecamatan.

Ketua Panwaslu Sangihe, Sandrianto Sentinuwo SH dikonfirmasi melalui Devisi SDM Junaedi Bawenti mengatakan, kegiatan penjaringan maupun penyaringan telah terjadwalkan sejak 18 Juli sampai dengan 10 Agustus 2016, yang diawali dengan pendaftaran calon, tanggal 18 sampai 21 Juli, penerimaan berkas, pemeriksaan kesehatan dan legalitas berkas administrasi, 22 sampai 23 Juli serta pengumuman hasil pemeriksaan berkas, tanggal 25 Juli.

Sementara untuk agenda tes tertulis dimulai tanggal 30 Juli yang dilanjutkan dengan penilaian tes tertulis tanggal 1 sampai 2 Agustus serta pengumuman hasil tes tertulis tanggal 3 Agustus. Tes wawancara juga turut diagendakan setelah tes tertulis, yakni tanggal 4 sampai 6 Agustus dilanjutkan dengan penilaian serta hasil tes wawancara 7 sampai 8 Agustus dan terakhir tanggal 10 Agustus kegiatan pelantikkan panwas kecamatan.

”Untuk tahapan penjaringan dan penyaringan akan kami maksimalkan, sebab so ada warning dari Bawaslu Sulut kalau untuk tahapan sampai pelantikkan panwas kecamatan tidak bisa lewat dari tanggal 14 Agustus 2016,”kata Bawenti. Disentil kapan Panwaslu mulai efektif melaksanakan tugas pengawasan, menurut Bawenti akan dimulai sejak bulan Agustus dengan agenda pengawasan jalannya tahapan pemutahiran data pemilih serta coklik dari rumah-rumah ke rumah, sedangkan untuk penertiban baliho maupun spanduk bakal calon akan dilakukan setelah KPUD menetapkan pasangan calon.

”Usai pelantikkan panwas kecamatan kita langsung action, dengan mengawas kegiatan pemutahiran data pemilih dan coklik yang akan kita awasi saat petugas coklik melakukan dari rumah ke rumah,”ujarnya sembari menambahkan, juga akan dibentuk lagi panwas lapangan yang dipercayakan kepada panwas kecamatan.(eleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.