Debap Paslon Bupati dan Wabup Kabupaten Sangihe

Debat Pasangan Calon (Paslon) bupati dan wakil bupati yang di selenggarakan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) SangiheTahuna-Debat publik Pasangan Calon (Paslon) bupati dan wakil bupati yang di selenggarakan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sangihe Sabtu (14/1) akhir pecan lalu di gedung kantor DPRD Sangihe berlangsung aman dan lancar dengan tema pengelolaan sumberdaya alam manusia dan lingkungan.

Oleh penyelenggara debat publik itu di bagi menjadi enam season. Dimana pada season pertama setiap Paslon diberikan kesempatan memaparkan visi dan misi mereka.

Sementara pada season 2, 3 dan 4, setiap Paslon diwajibkan untuk menjawab pertanyaan yang diberikan moderator sementara di season 5 masing-masing Paslon diberikan kesempatan menjawab dan memberikan sanggahan atas jawab dari tiap Paslon. Sementara di season terakhir setiap Paslon diberika kesempatan untum memberikan dan menyampaikan pesan kepada masyarakat.

Dalam debat tersebut penyelenggara dan panitia menyiapkan tiga orang pakar sebagai finalys yang bertugas menyusun pertanyaan bagi Paslon. Sementara itu dalam debat tahap pertama itu terlihat pasangan nomor urut satu Drs HR Makagansa MSi dan dr Fransiskus Andy Silangen SpB, KBD terlihat kompak dalam berbagi menjawab pertanyaan yang di berikan.

Sementara dari pasangan nomor urut dua, Jabes E Gaghana SE, ME dan Helmud Hontong SE terlihat calon bupati JEG lebih dominan dalam menjawab pertanyaan yang diberikan sedangkan Hontong hanya beberapa kali kebagian waktu bicara itu pun mendekati detik akhir dari tiga menit waktu yang diberikan.

Menurut salah satu fanilys yang di temui usai debat mengatakan, bahwa kedua Paslon sudah tampil baik dan untuk menilai siapa yang menguasai materi biarkan masyarakat yang menilai sesuai dengan jalanya debat dan apa yang di jawab serta di paparkan oleh masing-masing Paslon.

“Biarkan masyarakat yang menilai substansi materi dari apa yg diberika para kandidat. Kita berharap melalui debat ada edukasi politik yang diberikan,”ungkapnya. (eleh

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.