Akibat Menyebarnya Virus Corona KPM Mitra Naik 50.000 Perbulan

MITRA –  Bantuan sembako untuk Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), yang merupakan Program Pemerintah melalui Kementerian Sosial, bantuan sosial pangan mengalami kenaikan, kenaikannya mulai bulan maret 2020 sebesar 50.000 per Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Kepala Dinas Sosial Mitra Franky Wowor melalui kepala bidang  (Kabid) pemberdayaan sosial dan penanganan fakir miskin Sandra Kindangen membenarkan kenaikan KPM ini,  Rabu (4/03-2020).

Dijelaskannya, dengan adanya kebijakan yang sementara ditempuh pemerintah pusat, karena diperkirakan dampak dari penyakit yang disebabkan virus corona itu cukup serius, sehingga dikhawatirkan akan menimbulkan perlambatan perekonomian Indonesia  ucapnya.

Sehingga terhitung mulai bulan Maret ini, pemerintah pusat sudah menambahkan indeks Program Sembako sebesar Rp50.000 per KPM. dengan demikian, dari semula indeks Program Sembako Rp150.000/KPM/bulan menjadi Rp200.000/KPM/bulan.

“Kenaikan nilai bansos per Maret 2020 ini sebagai bagian dari instrumen fiskal untuk ikut mengatasi dampak penyebaran virus corona (Covid-19) terhadap perekonomian Indonesia” ujar Kindangen.

Dikatakannya lagi, untuk tambahan nilai bansos untuk program sembako Rp 50.000 ke rekening KPM hanya akan berlangsung selama enam bulan ke depan, atau sampai pada bulan Agustus 2020.

“Jika dalam enam bulan prospek ekonomi sudah membaik maka nilai bantuan Program Sembako akan kembali ke angka Rp150.000 per bulan. Tapi jika dirasa kenaikan bantuan itu masih diperlukan untuk menjaga konsumsi maka kenaikan tersebut akan diperpanjang sesuai dengan keputusan pemerintah,” tutup Kindangen.  (J.S)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.