Musrenbang RKPD 2021 Kabupaten Sangihe Digelar

Sangihe – Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Rencana Kerja Pembanguan Daerah (RKPD) Kabupaten Kepulauan Sangihe Tahun 2021, resmi digelar di Papanuhung Santiago Tampungang Lawo, Senin (16/03/2020) dengan mengusung tema Pembangunan SDM dan Infrastruktur Mendukung Ekonomi Inklusif Demi Terwujudnya Pertumbuhan yang Berkualitas.

Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME ketika membuka pelaksanaan Musrembang RKPD Kabupaten Kepulauan Sangihe tahun 2021 mengajak setiap stakeholder untuk dapat mempertahankan hasil gemilang yang telah dihasilkan Sangihe selama ini, bahkan menularkannya pada hasil kerja sektor yang lain.

Adapun Visi Kepulauan Sangihe yang merupakan Daerah Perbatasan NKRI, sebagai Gerbang Maritim Indonesia Yang Maju, Sejahtera Dan Mandiri, dengan 7 Misinya yakni:

– Menurunkan tingkat kemiskinan masyarakat secara sistematis, terpadu dan konsisten.

– Membangun pemerintahan melayani rakyat, handal dengan tata kelola yang efektif, efisien, akuntabel dijalankan aparatur penyelenggara berintegritas, profesional, bebas korupsi, kolusi dan nepotisme.

– Membangun infrastruktur daerah secara tepat guna berdasarkan rencana tata ruang wilayah yang konsisten, berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

– Meningkatkan konektivitas dan kontiunitas transportasi wilayah, telekomunikasi dan informasi sebagai daerah perbatasan dan penjaga wilayah kedaulatan NKRI.

– Membangun kemandirian ekonomi daerah dan masyarakat secara terencana, sistematis dan berkelanjutan.

– Mewujudkan kehidupan masyarakat yang religius, nasionalis, tangguh dan berdaya saing yang berdasar pada jati diri budaya dan kearifan lokal.

– Mengelola sumber daya alam dan lingkungan hidup berbasis masyarakat, secara terpadu, komprehensif dan berkelanjutan.

Dalam gelaran yang disebutnya sebagai sebuah prestasi, karna menjadi yang tercepat kedua di bumi nyiur melambai ini, Bupati mengapresiasi langkah cepat Bapelitbangda yang dinilainya sigap mengupayakan agenda kerja Musrenbang, guna Sangihe yang lebih maju kedepan.

“Apa yang dipaparkan adalah realitas yang terjadi di daerah kita. Dengan program Kerja Akselerasi yaitu Medaseng, Two Days No Rice, Pastane, Desa Emas, Sangihe Go Digital, Satu Kampung Satu Eselon 3 dan Program Patriot Desa/Kampung (35 pemuda desa). Somahe Kai Kehage semangat leluhur terhadap harapan ke daerah ini. Tema Daerah kita adalah Sangihe Bekerja,” papar Bupati.

Disampaikan Gaghana, prioritas pembangunan pada tahun 2021 tetap mengacu pada visi dan misi penanggulangan kemiskinan, pemenuhan infrakstruktur, tata kelola birokrasi dan penanggulangan bencana. Dikatakannya yang menjadi target pemerintah daerah, meraih papan satu terkait Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID).

“Memang bukan rangkingnya yang kita kejar, namun kualitas kestabilan harga, yang menjadi motivasi Pemda sangihe untuk jadi lebih baik. Selain mengurangi ketergantungan bahan pasokan dari luar daerah, tentu dengan adanya program pastane, two day no rice, serta adanya tol laut, kestabilan harga di sangihe cukup terbantu,”ungkap Gaghana.

“Saya berharap, dengan berbagai aspek capaian dan kerja keras, menjadi tantangan yang harus dihadapi dan dituntaskan bersama. Untuk itu, setiap OPD dapat memaksimalkan jam kerja, agar slogan bekerja dan bekerja, semua demi kemajuan sangihe lebih baik,” tambah Gaghana. (Advertorial/Andika)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.