Sekda Lolowang Hadiri Pelatihan PUG Melalui PPRG  Bagi SDM Perencana Perangkat Daerah Pemkot Tomohon

TOMOHON – Pemerintah Kota Tomohon yang di wakili Sekdakot Ir. Harold Lolowang , M.Sc hadir dan membuka kegiatan pelatihan Pengarusutamaan Gender (PUG) Melalui Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) Bagi Sumber Daya Manusia SDM Perencana Perangkat Daerah Pemerintah Kota Tomohon, dilaksanakan secara online via vidcon bertempat Command Center  Pemerintah Kota Tomohon, Selasa (28/7/20).

Dalam sambutan Walikota yang dibacakan oleh Sekot menyampaikan tentang maksud dari kegiatan ini untuk meningkatkan pemehaman dari peserta pelarihan terhadap Pengarusutamaan Gender (PUG) dan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) serta dapat menyusun program atau kegiatan yang responsif gender pada perangkat daerah masing-masing.

” Kegiatan ini bertujuan untuk melaksanakan strategi yang dibangun untuk mengintegrasikan gender menjadi satu dimensi integral dari perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi atas kebijakan pembangunan”, ucap Lolowang.

Lanjutnya lagi dalam konsep perencanaan responsif gender yaitu suatu proses perencanaan dan penganggaran program dan kegiatan pembangunan yang mampu menjamin unsur keadilan terutama bagi perempuan dan laki-laki, anak-anak, lansia serta penyandang disabilitas.

Diketahui anggaran responsif gender adalah  anggaran yang responsif terhadap kebutuhan perempuan dan laki-laki  yang dapat dipergunakan sebagai alat untuk mewujudkan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan dan keadilan gender.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini  dari   Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Daerah Provinsi Sulut ibu Vientje Viane Tambalean SE yang membawakan materi namun secara virtual dan ketua Pokja PUG Kota Tomohon yaitu kepala Bapelitbang Kota Tomohon Drs. Daniel Pontonuwu.

Dan yang menjadi peserta pelatuhan terdiri dari Kasubag Perencanaan atau Kasubag yang ada diperangkat Daerah, Sekretariat Daerah dan kecamatan kecamatan yang ada di Kota Tomohon.

Nampak hadir dalam kegiatan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dr. John Rumopa, M. Kes, dan Kadis Kominfo Kota Tomohon Novi Politon SE., M.M.  (Novita Pangkey)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.