VaSung : 4 Pilar Kebangsaan Harus di Pahami dan Dilafalkan Sejak Usia Dini

Manado – Anggota Komisi X DPR RI Dapil Sulawesi Utara,  yang juga Ketua Taruna Merah Putih (TMP) DPD Sulawesi Utara, Vanda Sarundajang melaksanakan tugas sebagai anggota MPR RI untuk sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di SMP Advent 2 Kecamatan Sario Kota Manado, bertempat di Aula SD-SMP Sario, Rabu (23/03-22).

Sosialisasi 4 pilar dihadiri oleh ratusan siswa SMP bersama Guru dan Pendeta Pimpinan Yayasan Sekolah Advent, serta struktur PDI-Perjuangan Ranting dan PAC Kecamatan Sario.

Kunjungan ke sekolah tersebut merupakan bagian juga dari fungsi pengawasan Anggota Komisi X DPR RI, karena SMP Advent 2 Manado merupakan penerima bantuan berupa puluhan komputer dan Program Indonesia Pintar (PIP) dari pemerintah melalui jalur aspirasi Ibu Vanda Sarundajang selaku anggota DPR RI yang bermitra dengan Kementrian Pendidikan Kebudayaan dan Ristek.

Adapun 4 pilar kebangsaan yang disampaikan adalah; (1) Pancasila, (2) UUD 1945, (3) NKRI, dan (4) Bhineka Tunggal Ika.

Pada paparannya Vanda Sarundajang yang akrab disapa VaSung menyampaikan
“Pancasila sebagai ideologi dasar bangsa Indonesia, merupakan rumusan dan pedoman hidup berbangsa dan bernegara. UUD 1945 adalah hukum dasar negara Indonesia sekaligus konstitusi pemerintahan, hukum paling tinggi dalam strata hukum Indonesia,” tutur Vanda.

“NKRI adalah bentuk negara Indonesia yang dianggap sudah final, tidak lagi untuk diperdebatkan sebagai bentuk negara, dan Bhineka Tunggal Ika adalah perwujudan keragaman bangsa Indonesia yang terdiri dari suku, bangsa, bahasa, dan agama namun tetap satu, sebagai tanda kematangan berbangsa,” tegasnya lagi.

Ia juga menyampaikan, bahwa 4 pilar kebangsaan ini haruslah menjadi substansi dalam pemahaman masyarakat, bahwa bangsa ini dibangun dengan 4 pilar, dan untuk membangun bangsa ini kedepan juga harus dibangun berdasarkan 4 pilar karena 4 Pilar Kebangsaan Harus di Pahami dan Dilafalkan Sejak Usia Dini

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Sekretaris TMP DPD Sulut Torry Kojongian, Wakil Ketua Meppy Manuhutu ,Ketua Ranting Sario Tumpaan Ibu Meiske dan Wakil ketua PAC SARIO Endriko Tampi.

(Farly Bujung)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.