VaSung Dampingi Puan Hadiri KTT Uzbekistan Tekankan Peran Kepemimpinan Perempuan Dalam Pemulihan Pandemi Covid-19

Suarasulutnews.co.id – Ketua DPR RI Puan Maharani di dampingi Vanda Sarundajang (VaSung) menekankan pentingnya peran kepemimpinan perempuan dalam pemulihan pandemi Covid-19.

Hal itu ditekankan Puan saat berbicara pada Inter-Parliamentary Union (IPU) 14th Summit of Women Speakers of Parliament (14SWSP) di Uzbekistan, Kamis (8/9).

Forum yang bertemakan ‘Mengatasi Risiko Pemulihan Global Pasca-Pandemi’ itu, Puan berbicara soal dunia yang kini tengah menghadapi banyak tantangan.

“Pandemi dan perubahan iklim, krisis pangan dan energi, serta dampak ketegangan geopolitik telah menghantam dunia tanpa pandang bulu,” tandasnya

Puan juga menyinggung soal ketambahan 75-95 juta orang yang hidup dalam kemiskinan ekstrem pada tahun 2022. Bahkan, sebanyak 828 juta orang tidur dalam keadaan lapar setiap malam.

“Saat ini, kita tidak hanya perlu pulih, tetapi kita juga perlu membangun dunia yang tangguh, dunia yang lebih baik untuk semua orang,” katanya.

Di forum para ketua parlemen perempuan sedunia, Puan mengungkapkan pandangannya untuk membangun dunia yang tangguh. Ia menyebut ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencapai hal itu.

“Pemulihan global pasca pandemi harus menjunjung tinggi prinsip inklusivitas. Kita membutuhkan proses pemulihan yang berpusat pada masyarakat. Setiap orang harus mengambil bagian dalam upaya global kita untuk pemulihan,” sebut Ketua DPP PDIP ini yang di dampingi Ketua DPD Taruna Merah Putih Sulut.

(Farly Bujung)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.