Pilgub Berlangsung Aman,PDIP Sangihe Klaim OD-SK Menang Sementara

Suasana Pemilihan Gubernur (Pilgub) tahun 2015 TPS 3 Sawang Bendar Tahuna

Suasana Pemilihan Gubernur (Pilgub) tahun 2015 TPS 3 Sawang Bendar Tahuna

TAHUNA,Suarasulutnews.co.id-Perhelatan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sulut di Kabupaten Sangihe, Selasa (09/12) kemarin berlangsung aman dan kondusif.

Terpantau pula dihampir semua tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah kota Tahuna, kegiatan penceblosan tidak seramai saat pemilihan presiden (Pilpres) maupun pemilu legislatif.

”Saat penceblosan pilgub kali ini tergolong sepi disbanding pilpres lalu, namun suasananya sangat kondusif, karena mungkin ditunjang suasana di TPS yang agak lenggang,”ungkap sejumlah petugas

TPS dibebarapa TPS di Ibukota Kabupaten Sangihe tersebut. Kondusifnya suasana pencoblosan turut dibenarkan Wakpolres Sangihe, Kompol Jusuf Baba dikonfirmasi sejumlah wartawan.

Ia bahkan berharap suasana kondusif itu dapat berlangsung hingga seluruh tahapan pilgub selesai.”Suasana yang kondusif saat penceblosan diharapkan akan berlanjut terus hingga tahapan pilgub selesai,”kata Wakapolres.

Meski pilgub berlangsung kondusif, disayangkan KPUD tak menyiapkan penghitungan cepat, hingga untuk hasil perolehan suara sementara tak bisa langsung diketahui masyarakat.
Sementara itu kubu DPC PDIP Kabupaten Sangihe mengklaim pasangan Oly Dondokambey-Steven Kandow (OD-SK) untuk sementara menang 47 persen, atau 19.665 suara disusul 34 persen atau 14.569 suara untuk pasangan nomor urut 2 dan 19 persen atau 8218 suara untuk pasangan nomor urut 3 dari total daftar pemilih tetap sebanyak 108.422. Klaim PDIP tersebut diperoleh lewat metode penghitungan cepat yang berlangsung di Skretariat DPC PDIP Sangihe menjelang pukul 18.00 wita kemarin.

”Untuk perhitungan cepat versi PDIP, sementara ini pasangan OD-SK menang 47 persen dari pasangan lainnya,”kata Wakil Ketua DPC PDIP Sangihe, Novilius Tampi.

Sekretaris DPC PDIP Sangihe yang juga ketua DPRD, Benhur Takasihaeng yang juga turut memantau jalannya perhitungan cepat, mengaku optimis pasangan OD-SK akan menang hingga akhir penghitungan suara.

”Kami tetap optimis pasangan OD-SK akan menang di Sangihe,”ujar Takasihaeng.(fb)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.