Gerindra-PKPI Bangun Koalisi Pilkada Sangihe

Dua Partai Besar Siap Menangkan Pilkada Sangihe

Dua Partai Besar Siap Menangkan Pilkada Sangihe

TAHUNA,Suarasulutnews.co.id-Memiliki 4 kursi di DPRD Sangihe, Partai Gerindra tidak memenuhi syarat untuk mengusung calon pada pilkada Sangihe 2017, minimal harus 5 kursi. Hal yang sama juga berlaku bagi Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI) yang hanya mengantongi 3 kursi.

Kedua parpol tersebut akhirnya akan membangun koalisi demi tercapainya persyaratan untuk dapat mencalonkan pasangan Cabub-Cawabub. Bahkan sebagai tindak lanjut dari koalisasi dimaksud, pekan depan koalisi Gerindra-PKPI sudah akan membuka menjaringan calon.

”Karena tak mencukupi persyaratan jumlah kursi, Gerindra akan berkoalisi dengan PKPI, dan direncanakan pekan depan sudah akan dibuka penjaringan calon,”ungkap Sekretaris DPC Gerindra Sangihe, Ferdi Sinedu ST dikonfirmasi sejumlah wartawan, Kamis (17/03).

Senada juga disampaikan Ketua DPC PKPI Kabupaten Sangihe, Dolfuto Jones Taramen. Kedua parpol yang tergolong sama-sama kritis di DPRD Sangihe dan kerab sejalan dalam hal memberikan pendapat disetiap rapat, tetap akan mengikuti mekanisme penyaringan dan penjaringan, termasuk akan membuka pendaftaran terbuka bagi siapa saja yang akan menggunakan perahu Gerindar dan PKPI.

”Jadi sudah terbangun koalisi Gerindra dan PKPI, dan kami juga sudah siap melakukan penjaringan bakal calon,”kata Taramen.
Sementara lain halnya dengan PDIP selaku satu-satunya parpol di DPRD Sangihe yang memenuhui syarat mengusung calon. Partai berlambang Banteng Moncong Putih itu tak melakukan penjaringan maupun menyaringan untuk Cabub, karena telah memiliki dua kandidat, Drs. H.R. Makagansa MSi dan Jabes Gaghana SE,ME.

”Hanya Cawabub yang akan dibuka penjaringan, karena untuk Cabub, PDIP sudah memiliki figur, pak Makagansa dan pak Gaghanna,”ujar Sekretaris DPC PDIP Sangihe, Benhur Takasihaeng ditemui beberapa waktu lalu.(fb)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.