Upacara HUT Ke-17 Kota Tomohon Pelaksanaan di Setiap Kecamatan.

TOMOHON – Pemerintah Kota Tomohon menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun yang Ke-17 Kota Tomohon 27 Januari 2020, dirangkaikan dengan hari keselamatan dan kesehatan kerja kota Tomohon, Senin 27/01-2020.

Upacara dilaksanakan serentak oleh pemerintah kota tomohon di masing masing 5 kecamatan yang ada dengan inspektur upacara para camat, upacara sekaligus memperingati hari keselamatan dan kesehatan (3)  Nasional 12 Januari – 12 Februari 2020.

Adapun 5 kecamatan yang melaksanakan upacara, Kecamatan Tomohon Tengah, Tomohon Timur,  Tomohon Selatan,  Tomohon Barat dan Tomohon Utara.

Dalam upacara turut dihadiri oleh para perwakilan Ketua dan Anggota DPRD pejabat ASN dan tenaga kontrak, petwakilan sekolah tim tarian kabasaran yang berdomisi di wilayah kecamatan bersama tokoh masyarakat dan Tokoh agama serta Karang Taruna serta masyarakat umum.

Walikota Tomohon dalam sambutannya yang disampaikan oleh para camat mengatakan,  atas nama Pemerintah Kota Tomohon menyampaikan selamat hari jadi ke- 17 kepada seluruh masyarakat Kota Tomohon, Dirgahayu Kota Tomohon ke- 17

Terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pendahulu yang pernah memimpin Kota Tomohon, para sesepuh, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pendidikan, dan seluruh warga kota yang telah mewarnai perubahan Kota Tomohon, ujar Walikota.

Peringatan 17 tahun Kota Tomohon harus dimaknai sebagai sarana mengingatkan pentingnya menjaga keseimbangan manusia dan lingkungannya dengan memanfaatkan daya pikir yang lebih maju, sesuai tema peringatan hari jadi Kota Tomohon tahun ini, yakni “Kompak dan tangguh adalah kita, bersama kita wujudkan Tomohon kota wisata dunia”

Selamat merayakan Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2020 yang bertema Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbudaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada era Revolusi Industri 4.0 Berbasis Teknologi Informasi, tuturnya.

Upacara dilaksanakan di masing-masing Kecamatan agar seluruh komponen masyarakat terlibat dan merayakan kemeriahan HUT Kota secara bersama-sama karena Kota Tomohon adalah milik kita semua seperti kata Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA dalam sambutannya.

Peringatan hari bersejarah ini menjadi momentum evaluasi terhadap apa yang telah kita sumbangkan untuk Kota Tomohon, khususnya dalam mendorong terciptanya peradaban yang lebih maju, adil dan berkarakter.

Tujuh belas tahun perjalanan yang dilalui Kota Tomohon, tentunya telah mengalami berbagai perubahan yang signifikan dari berbagai aspek sosial, budaya, ekonomi dan lingkungan, dan tentunya telah banyak juga prestasi yang telah diraih pada tahun-tahun sebelumnya.

Kemajuan dalam berbagai aspek sangat nampak seperti infrastruktur, perekonomian, pendidikan, sosial budaya, serta berbagai aspek lainnya. Berbagai perubahan ini tentu menjadikan Tomohon sebagai tempat yang nyaman bagi sistem kehidupan, sekaligus memberi dampak manfaat besar terhadap terhadap peningkatan kesejahteraan warga masyarakat dalam jangka panjang.

Harapan peringatan Hari Jadi ke-17 Kota Tomohon menjadi titik tolak lahirnya budaya perubahan, berubah untuk menjadi lebih baik dan menjadi yang terbaik, mandiri, bahagia dan sejahtera.

Semoga karya- karya indah ini menjadi motivasi dan tanda mata bagi generasi saat ini dan bagi generasi mendatang. Kami berkomitmen untuk merampungkan program dedicate EMAS (e-government, merubah wajah kota, akselerasi pembangunan & smart city) melalui Mall Pusat Pelayanan Publik “smart city”, infrastruktur merata & memadai serta sistem pemerintahan yang berbasis e-government.

Di tahun 2020 ini Kota Tomohon akan menggelar kejuaraan Open Tournament Kajati Sulut Cup Ke-II tahun 2020 pada bulan februari, Tomohon Internasional Flower Festival (TIFF) bulan agustus, pilkada langsung Gubernur, Wakil Gubernur Sulawesi Utara dan Walikota, Wakil Walikota Tomohon serta tuan rumah penyelenggara HUT Pekabaran Injil Ke 189 bulan juni dan HUT GMIM Bersinode Ke 86 pada bulan september nanti. Kiranya seluruh komponen masyarakat Kota Tomohon dapat mendukung dan mensukseskan agenda-agenda ini. Tentu dengan menjaga keamanan, kebersihan, keindahan dan ketertiban dalam hidup bermasyarakat.

Kita memiliki fondasi dan tradisi budaya yang kuat untuk semakin mengukuhkan Kota Tomohon sebagai kota pariwisata yang kreatif, kota yang menginspirasi, kota yang bisa melindungi warganya, serta kota yang memberi manfaat bagi warga daerah sekitar dan bangsa Indonesia pada umumnya.

Saya berharap peringatan Hari Jadi Ke-17 Kota Tomohon menjadi titik tolak lahirnya budaya perubahan : berubah untuk menjadi lebih baik dan menjadi yang terbaik, mandiri, bahagia dan sejahtera, dengan membangun kota yang meninggikan Tuhan melalui kecerdasan, kebaikan, kreativitas, dan budi pekerti yang baik, sehingga pertumbuhan fisik, sosial budaya, ekonomi, dan lingkungan berjalan paralel dengan pelestarian dan keseimbangan sistem kehidupan, tutup Walikota Eman.

Selanjutnya dilaksanakan jamuan kasih ala tradisional seperi makan ubi,pisang sayur pakis, sayur koles dan diletakkan di daun pisang dan makan tanpa pakai sendok dengan menggunakan bambu sebagai tempat minum saguer.

Upacara diikuti para anggota DPRD bersama para pejabat jajaran Pemkot termasuk pejabat/pegawai yang bermukim di wilayah Manado, tokoh agama dan masyarakat, para lurah se-Tomohon, jajaran Kepolisian, ASN/Tenaga Kontrak, unsur Karang Taruna, Perangkat kelurahan, Linmas, unsur siswa SD, SMP, SMU. (Novita Pangkey)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.