Bupati Depri Buka Sosialisasi Kesetaraan Gender

 

Sosialisasi Kesetaraan Gender di hadiri oleh BKKBN-PP Kabupaten Bolaang Mongondow Utara ini dihadiri oleh Tim Pengerak PKK Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Pokja Kecamatan serta Pengurus dan anggota Tim Penggerak PKK Desa se-Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Sosialisasi Kesetaraan Gender di hadiri oleh BKKBN-PP Kabupaten Bolaang Mongondow Utara ini dihadiri oleh Tim Pengerak PKK Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Pokja Kecamatan serta Pengurus dan anggota Tim Penggerak PKK Desa se-Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Bolangitang Barat – (11/06) Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. DEPRI PONTOH secara resmi menmbuka Sosialisasi terkait dengan Kesetaraan Gender, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang bertempat Di Bounor Desa Bolangitang I Kecamatan Bolangitang Barat.

Acara yang dilaksanakan oleh BKKBN-PP Kabupaten Bolaang Mongondow Utara ini dihadiri oleh Tim Pengerak PKK Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Pokja Kecamatan serta Pengurus dan anggota Tim Penggerak PKK Desa se-Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Dalam sambutanya, Bupati mengapresiasi pelaksanaan sosialisasi ini, untuk mewujudkan pemberdayaan perempuan perlu dimunculkan kembali nilai-nilai kearifan lokal sebagi modal sosial seperti gorong royong, dan memberi peluang partisipasi perempuan, khususnya dalam proses pengambilan keputusan menempatkan perempuan sebagai subjek dalam pelaksanaan pembangunan. Hal ini sangat penting dalam rangka percepatan pembangunan, mewujudkan keberdayaan, kemandirian dan kesejahteraan perempuan dalam proses pembangunan di Bolaang Mongondow Utara.

Salah satu program pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) di daerah yang terus digalakkan adalah perencanaan penganggaran yang responsif gender, dengan kerjasama antara pusat dan daerah melalui program kegiatan stimulant berupa bantuan teknis. Hal ini bertujuan untuk menyamakan persepsi bagi aparat Pemerintah Daerah untuk digunakan sebagai rujukan operasional teknis bagi perencana SKPD dalam membuat kebijakan dan program kegiatan pembangunan yang responsif gender sebagai sistem penganggaran berbasis kinerja.

Melalui pelaksanaan sosialisasi ini, Bupati berharap peserta memperoleh wawasan, pengetahuan dan pemahaman dalam mewujudkan program pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Serta mampu mensosialisasikan kembali kepada masyarakat luas sehingga dapat meningkatkan peran masyarakat dalam akses dan kontrol terhadap pembangunan sekaligus mengetahui kesetaraan dan keadilan Gender di Bolaang Mongondow Utara.(andi)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.