Bupati Depri Terima Prosesi Adat Mopohabaru

Prosesi adat mopohabaru dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan

Prosesi adat mopohabaru dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan

Bolangitang Barat– (12/06) Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. DEPRI PONTOH menerima Aliansi Adat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara pada Prosesi Adat Mopohabaru dalam rangka Memasuki Bulan Suci Ramadhan 1436 H/2015 M yang bertempat di Bounor Desa Bolangitang I.

Prosesi adat yang telah menjadi tradisi dan rutin dilaksanakan ini bertujuan memberikan kabar kepada Pemerintah Daerah dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan dengan tema Kabupaten Juara yang Berdasarkan Agama, Adat dan Budaya Menuju Bolaang Mongondow Utara yang Baldatun, Thoyyibatun, Warabbun Gafur.

Dalam sambutanya, Bupati mengucapkan terima kasih kepada masyarakat khususnya tokoh-tokoh adat yang telah memberikan kabar dan atas nama Pemerintah Daerah menerima Informasi terkait pelaksanaan Ibadah Puasa di Bulan Ramadhan 1436 H. Bupati menghimbau kepada seluruh masyarakat lebih khusus yang beragama Muslim untuk menjalankan Ibadah dengan baik, dan kepada masyarakat yang Non Muslim untuk menghormati saudara-saudara Muslim yang sedang menjalankan Ibadah, sehingga tetap terjalin kerukunan antar umat beragama di Bolaang Mongondow Utara. Kepada para Camat dan Sangadi, Bupati menyampaikan agar suasan Bulan Suci Ramadhan berjalan lebih hikmad setiap Mesjid wajib melaksanakan Ta’darus Quran.

Rangkaian prosesi Adat Mopohabaru tersebut berjalan dengan hikmad dan diakhiri dengan Penyerahan Jadwal Pelaksanaan Ibadah Puasa oleh Aliansi Adat Bolaang Mongndow Utara kepada Bupati.

Prosesi Adat dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri Boroko Dwianto Prihartono, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Drs. Faridudin Gumohung, Asisten Administrasi Umum DR. Asripan Nani, M.Si, Ketua TP-PKK Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Dra. Ainun Pontoh-Talibo, Ketua DWP Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Dra. Leida Posumah-Pontoh, Pimpinan SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Camat dan Sangadi se-Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama.(andi)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.