DPRD Gelar Sidang Paripurna Istimewa HUT Ke-8 Kabupaten Bolmut

DPRD Gelar Sidang Paripurna Istimewa HUT Ke-8 Kabupaten BolmutBoroko– (23/05) Dalam rangka perigatan Hari Ulang Tahun Ke-8 Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Tahun 2015, DPRD Bolaang Mongondow Utara menggelar Sidang Paripurna Istimewa yang dipimpin oleh Ketua DPRD Karel Bangko, SH, Wakil Ketua Arman Lumoto, S.Ag, M.PdI dan Drs. Salim Bin Abdullah bertempat di Ruang Sidang DPRD.

Ketua DPRD mengatakan peringatan HUT Kabupaten Bolaang Mongondow Utara ini merupakan renungan bagi kita semua tentang tekad dan semangat masyarakat dalam memperjuangkan pemekaran daerah sampai sekarang yang sudah mencapai usia ke-8 tahun. Peringatan HUT ini bukan hanya sekedar seremonial, namun peringatan ini menjadi momentum untuk menyatukan persepsi dalam perbaikan arah kebijakan pembangunan daerah. Ketua DPRD menyampaikan bahwa informasi harus lebih terbuka sehingga semua masukan dari masyarakat dapat tersampaikan dan diterima sebagai bahan instrospeksi bagi penyelengara pemerintahan daerah. Ketua DPRD juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memiliki rasa kebanggan terhadap Daerah.

Bupati Bolaang Mongondow Utara dalam sambutanya menyampaikan setelah 8 tahun Kabupaten Bolaang Mongondow Utara berdiri sebagai daerah otonomi, dari Pemerintahan periode tahun 2007 hingga kini, berbagai kemajuan telah dicapai diantaranya laju pertumbuhan ekonomi berkisar 8,11 sampai 8,48 persen, pedapatan perkapita meningkat secara signifikan, indeks pembangunan manusia (Human Development Index) 72,64 Persen, Angka Bebas Buta Aksara Target 71,60 persen memenuhi capaian target 71,68 persen yang artinya masyarakat Bolaang Mongondow Utara nyaris bebas dari buta huruf, serta usia harapan hidup (life Expectation) terus naik dari 2009 dengan target 2014 72,12 persen. Perkembangan jumlah penduduk miskin sejak 5 tahun terakhir cenderung menurun, tahun 2010 jumlah penduduk miskin sebanyak 10,23 persen atau 7.766 jiwa hingga tahun 2014 terus menurun hingga mencapai 8,69 persen atau 6.219 jiwa. Begitu pun dengan jumlah keluarga pra sejahtera, di tahun 2012 berjumlah 8.002 keluarga, angka ini turun menjadi 7.270 keluarga pada tahun 2013. Bupati mengingatkan bahwa semua capaian ini hendaknya tidak membuat kita berpuas diri, namun perlu dimaknai bahwa semua yang dicapai merupakan kulminasi gabungan dari sumbangsih dan kerja keras lintas generasi dari para pendiri daerah hingga kini. Bupati juga mengajak kepada semua pihak untuk terus memacu kualitas dan kuantitas pembangunan daerah, kinerja pemerintahan yang efektif dan produktif, kinerja pelayanan publik yang mudah, sederhan dan berpihak pada masyarakat. Peringatan HUT ke-8 ini merupakan momentum yang tepat untuk melanjutkan pembangunan dan memperbaharui tekad serta komitmen untuk melangkah bersama dengan terobosan JUARA.

Sementara itu, sambutan Gubernur Sulawesi Utara DR. Drs. Sinyo H. Sarundajang yang dibacakan oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi Sulawesi Utara menyampaikan tujuan utama yang dicapai daerah otonom adalah untuk memperlancar proses pembangunan di daerah, dimekarkanya Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dibarengi dengan ekspektasi dimana daerah ini mampu berpartisipasi dalam pembangunan Sulawesi Utara. Daerah ini memiliki kekayaan alam, potensi pariwisata dan lain-lain serta ditunjang dengan Sumber daya manusia yang memadai. Karena itu, Gubernur mengajak seluruh elemen di Bolaang Mongondow Utara agar lebih jeli dan tanggap terhadap peluang-peluang untuk mengembangkan potensi yang ada demi kemajuan daerah, dan hal itu ditentukan oleh sinergitas antara Pemerintah Daerah dengan masyarakat. akan menjadi tepat peringatan HUT ke-8 ini semua komponen masyarakat Bolaang Mongondow Utara bersatu dan bekerjasama membangun daerah sesuai dengan tema “Membangun dari Desa Menuju masyarakat Juara”.
Dalam Sidang Paripurna ini juga dilaksanakan penandatanganan perjanjian kerjasama di bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat antara Pemerintah Daerah Bolaang Mongondow Utara dengan Universitas Sam Ratulangi Manado, Universitas Negeri Manado dan Universitas Gorontalo.

Sidang Paripurna dihadiri oleh Pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara dan DPRD Provinsi Gorontalo, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Pimpinan Perguruan Tinggi Universitas Sam Ratulangi Manado, Universitas Negeri Manado, Universitas Negeri Gorontalo dan Universitas Gorontalo, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara Suriansyah Korompot, SH, Sekda Bolaang Mongondow Utara Drs. Reky Posumah, M.Si, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kepala Satuan Kerja Di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Ketua DWP Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Camat, Sangadi dan Lurah se-Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.(Andi Sulhan)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.