Layani Pulau Lipang,Pemkab Sangihe Kembali Dapat Bantuan Kapal

TAHUNA,Sauarasulutnews.co.id-Pemkab Sangihe dalam waktu dekat kembali akan mendapat bantuan kapal dari Kementrian  PembangunanDaerah Tertinggal (PDT).

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Perhubungan dan Infokom Sangihe, Drs SJB Makagansa, Kamis (23/07).  Kapal penumpang yang mempunyai kapasitas mengangkut 50 penumpang tersebut, nantinya  siap melayani warga kepulauan yang selama ini sering mengeluh akan
keterbatasan transportasi laut, seperti pulau Lipang.

“Tahun ini kita akan kembali menerima bantuan dari kementrian PDT sebuah kapal penumpang berkapasitas 50 orang penumpang dan kapal itu akan di beri nama KM. Lipang,” ungkap Makagansa.

Dikatakan, rencanakan kapal tersebut diutamakan untuk melayani warga pulau Lipang sesuai dengan nama yang telah disiapkan untuk kapal tersebut, namun demikian tetap akan upayakan agar rute pelayaran KM Lipang juga bisa melayani pulau- pulau terluar lainnya setelah mendapat izin trayek dari kementrian perhubungan.

“Kapal ini akan melayani warga pulau Lipang sesuai dengan namanya, nanti saja kita lihat jika izin trayeknya sudah keluar diusahakan akan melayani seluruh warga kepulauan,”ujarnya.

Ditambahkan,  tak hanya kapal yang berukuran kecil saja tahun ini akan diserahkan ke Sangihe, akan tetapi Kapal jenis Roro juga akan dimiliki pemkab sangihe.Sebab semua persyaratan telah di lengkapi untuk segala prosedur yang telah ditentukan kementrian perhubungantermasuk pihak ASDP pusat.

“Bukan kapal kecil saja, jenis kapal jenis Roro sepertimilik ASDP juga akan kita terima dalam tahun ini. Semua itu berkat permintaan pemkab sangihe kepada pemerintah pusat yang dilandasi dengan syarat sesuai dengan kebutuhan masyarakat sangihe,”ujar Makagansa.(fb)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.