Kapolda Sulut Wilmar Marpaung Buka Pelatihan Aparatur Desa

Kapolda Sulut Wilmar Marpaung Buka Pelatihan Aparatur Desa

Kapolda Sulut Wilmar Marpaung Buka Pelatihan Aparatur Desa

MANADO,Suarasulutnews.co.id – Pembangunan desa sangat ditentukan oleh kualitas dari aparat Pemerintah Desa, terutama dalam pelaksanaan tugasnya. Hal tersebut dikatakan Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs. Wilmar Marpaung, S.H., saat membuka kegiatan Pelatihan Aparatur Desa di Kabupaten Minahasa, Kamis (03/09), yang diikuti oleh seluruh Hukum Tua se-Kabupaten Minahasa.

Lanjut dikatakan Kapolda, pembangunan tentu memerlukan anggaran, dimana anggaran ini telah diberikan sampai ke tingkat desa dengan harapan pembangunan dapat terlaksana dengan baik. Ditambahkannya, penggunaan anggaran negara sangat rentan disalahgunakan atau karena ketidakpahaman cara mempertanggungjawabkan anggaran, sehingga akan berdampak pada persoalan hukum.

Oleh karena itu sesuai arahan dari Presiden RI, Joko Widodo, kepada seluruh Gubernur, Kapolda dan Kajati seluruh Indonesia beberapa waktu lalu, agar masalah penegakan hukum jangan sampai memperlambat pembangunan ekonomi, akan tetapi bila ada kasus korupsi supaya ditangani dengan proporsional, profesional dan transparan.

Kapolda menilai, salah satu faktor pendukung terciptanya pemerintahan desa yang bebas dari Korupsi Kolusi Nepotisme (KKN) adalah pemahaman peraturan dan perundang-undangan oleh aparatur pemerintahan desa. Untuk itu Kapolda menghimbau agar upaya optimalisasi kemampuan/kualitas dan pengetahuan Aparatur Desa harus terus dilakukan, guna menjawab tantangan tugas dan perubahan peraturan serta perundang-undangan maupun dinamika kondisi sosial masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Kapolda juga kembali mengingatkan kepada seluruh peserta pelatihan, tentang Program Mapalus Kamtibmas Polda Sulut. Kapolda menekankan, masalah sosial dan kamtibmas bukan hanya menjadi tugas dari pihak kepolisian akan tetapi memerlukan peran serta seluruh Aparatur Desa, untuk bersama-sama Polri menciptakan keamanan dan ketertiban melalui program-program yang sudah ada.

Pelatihan yang berlangsung di Aula BPU Minahasa ini, diselenggarakan oleh Manado Post Group dan Pemkab Minahasa. Hadir pada kegiatan pelatihan diantaranya, Sekda Minahasa J.R. Korengkeng, S.H., M.Si., mewakili Kepala BPK Perwakilan Sulut Dadek Nandemar, S.E., MIT., Ak. CFE, CA, Dirut Manado Post Group Suhendro Boroma, Dir Reskrimsus Polda Sulut Kombes Pol Hilman, Kapolres Minahasa AKBP Ronald Rumondor, Asisten I DR. Deny Mangala, M.Si., para Kepala SKPD, Kabag serta Camat se-Kabupaten Minahasa.

sumber:Humas Polda Sulut

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.