Roring Cek Persiapan Akhir Peresmian Dagho

Sekda Kabupaten Kepulauan Sangihe, Edwin Roring SE,ME,meninjau kawasan perikanan Dagho

Sekda Kabupaten Kepulauan Sangihe, Edwin Roring SE,ME,meninjau kawasan perikanan Dagho

TAHUAN,Suarasulutnews.co.id-Sekda Kabupaten Kepulauan Sangihe, Edwin Roring SE,ME, Jumat (29/01), meninjau kawasan perikanan Dagho, sekaligus menggelar rapat koordinasi terkait persiapan peresmian yang rencananya akan dilakukan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.
Hadir dirapat tersebut, Palaksa Lanal Tahuna, Mayor Laut (P), Decky Ticoalu serta pelaksana teknis kegiatan, masing-masing Dinas Kelautan Perikanan, Badan Perbatasan, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi UMKM, Karantina, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) serta kontraktor yang mengerjakan pembangunan fasilitas Unit Pengolahan Ikan, Dermaga Perikanan dan PT Perindo selaku pihak yang akan menangani produk dan ekspor ikan.
Pada intinya, dalam rapat tersebut, terungkap seluruh persiapan telah memasukki tahap akhir dan dipastikan pada saat peresmian tanggal 3 Pebruari nanti, semua kegiatan persiapan telah terealisasi 100 persen.
”Saat ini tinggal pekerjaan-pekerjaan kecil yang tersisa dan kami jamin satu dua hari ini semuanya rampung,”ungkap seluruh peserta rakor.
Meski persiapan sudah matang, Palaksa Decky Ticoalu tetap mengingatkan kepada pengelola perikanan tetap memperhatikan kualitas produk, termasuk hal kebersihan.
”Kebersihan ini sangat penting, karena pernah terjadi disalah satu daerah, produk ekspor mereka dikembalikan oleh eksportir karena ikan yang mereka kirim tidak bersih, dan imbasnya kerjasama langsung diputus, termasuk pihak pengelola bangkrut,”kata Ticoalu. S
ementara Sekda Roring meminta kepada semua pihak terkait, rutin berkoordinasi dengan instansi teknis, maupun langsung kepada Sekda jika terjadi kendala dilapangan.
”Kita harus siap, karena kesiapan awal ini menjadi ukuran bagi daerah kita untuk peningkatan kegiatan, apalagi Sangihe sudah jadi pusat kegiatan strategis nasional, termasuk pelabuhan perikanan Dagho memiliki nilai plus dari 5 pelabuhan perikanan lainnya di Indonesia,”ujar Roring.
Usai rakor, Sekda didampingi perwakilan Kementerian Kelautan Perikanan, Merlyn Neilan, Camat Tamako, Vik Sahempa dan Direktur PDAM Novilius Tampi, langsung meninjau fisik kegiatan lapangan guna memastikan persiapan.(fb)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.