Imemorial Om Hengky Patras

Bupati : Sangihe Kehilangan Mantan Sekda Teladan

?

?

TAHUNA,Suarasulutnews.co.id- Diera tahun 70-an siapa di kawasan Nusa Utara yang tak kenal sosok Hendrik Emile Patras BA, atau akrab disapa Om Hengky. Ia adalah Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepulauan Sangihe-Talaud (SaTal) yang berwibawa dan sangat dihormati oleh jajaran PNS, termasuk masyarakat setempat.

Om Hengky tercatat dua kali menjabat Sekda dalam periode yang berbeda, dan selepas itu ia juga sukses berkarir dipolitik pada tahun 80-an dan sempat menjabat Wakil Ketua DPRD Sangihe-Talaud. Kini sosok yang sangat dikagumi itu telah pergi untuk selama-lamanya dengan meninggalkan kenangan manis pada usia 85 tahun.

Kepergian pria yang hingga masa tuanya tetap eksis selaku tokoh masyarakat dan dikenal sebagai pencinta bola dengan tim kesayangan Orange Belanda tersebut, tidak hanya menyisahkan duka mendalam bagi keluarga dan handaitolan, tapi turut membuat Kabupaten Sangihe, Talaud dan Sitaro kehilangan aset terbaiknya.

Tak heran jika Bupati Sangihe,Drs. H.R. Makagansa MSi mengaku Sangihe sangat kehilangan saat menyampaikan sambutan duka pada acara persemayam dan pelepasan jenasah yang digelar di kantor Bupati Sangihe, Selasa (08/03) lalu. Bupati bahkan mengakui, Om Hengky tak hanya sebatas birokrat yang telah memberi diri dalam mengisi pembangunan daerah, tapi tercatat sebagai Sekda teladan dijamannya.

Ada nilai berkesan yang telah ditanamkan almarhum selama hidupnya kata Bupati, yakni sebagai tokoh yang berperan membina kerukunan dan kebersamaan, tak pernah baku salah dengan orang lain, penuh kearifan serta bukan tipe yang pemarah.

”Karena banyak hal positif yang ditularkan Om Hengky, pemkab wajib menghormatinya, dan acara persemayam di kantor bupati ini merupakan salah satu dari penghargaan itu,”kata Bupati.(fb)

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.