Tamako Diproyeksikan Jadi Kawasan Perkotaan

Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Drs HR Makagansa ,Msi

Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Drs HR Makagansa ,Msi

Tahuna,Suarasulutnews.co.id-Setelah Kecamatan Manganitu dicanangkan sebagai Kota Pendidikan, Pemkab Sangihe kini memproyeksikan Kecamatan Tamako dapat menjadi kawasan perkotaan, khususnya sebagai sentra perekonomian dan perdagangan di wilayah Sangihe Selatan.

 

Hal ini tak ditepis Bupati Drs. H.R. Makagansa MSi kepada sejumlah wartawan pekan lalu. Makagansa juga mengaku optimis kedepan Tamako akan mengalami kemajuan yang cukup sifinifikan, apalagi kalangan pengusaha setempat secara langsung turut memberi dukungan, seperti peran salah satu putra Tamako yang telah mendirikan Agen Premium Minyak Solar (APMS) atau pomp bensin di Tamako.

 

”Dengan adanya APMS, ini so mulai jelas Tamako akan menjadi kawasan perkotaan di Sangihe Selatan,”kata Makagansa.

 

Upaya merangsang aktifitas perekonomian dan perdagangan di Tamako lanjut, Makagansa, juga terus dilakukan pemkab setempat, seperti pada tahun tahun 2016 ini ada sekitar Rp 6 miliyar siap dikucurkan untuk membangun pasar yang sangat representatif untuk kebutuhan warga Tamako dan sekitarnya.

 

Semakin dekatnya Tamako menjadi kawasan perkotaan tambah Makagansa, juga turut mendapat dukungan pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, dimana kementerian pada tahun anggaran 2015 telah mengucurkan ratusan miliyar untuk pengembangan infrastruktur industri
perikanan di kampung Dagho, termasuk pada tahun 2016 ini kegiatan ekspor dan pembelian ikan sudah terealisasikan.

 

”Tamako juga memliki kawasan perikanan ekspor, termasuk pusat pembelian ikan tangkapan nelayan dan ditunjang dengan kehadiran sejumlah Bank, hingga Tamako semakin dekat untuk menjadi kawasan perkotaan,”pungkas Makagansa.(fb)

 

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.