Pusat Akomodir Usulan Pelabuhan Feri Pulau Terluar

pelabuhan feriTahuna,Suarasutnews.co.id-Pulau-pulau terluar di Kabupaten Kepulauan Sangihe, seperti pulau Kawio, Kawaluso, Lipang ditambah pulau Kahakitang bakal memiliki pelabuhan khusus kapal feri. Rencana tersebut akan direalisasikan tahun 2017, meski usulannya telah disetujui tahun ini oleh Pemerintah Pusat.

Hal ini dikatakan Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sangihe, Hanry Lumiu pekan lalu. Ditegaskan, bakal terealisasinya pembangunan pelabuhan feri juga dapat dipastikan dengan telah dicantumkannya pulau Kawio, Kawaluo, Lipang serta Kahakitang dalam Rencana Kerja Pusat (RKP) tahun 2017.

”Usulan Pemkab Sangihe untuk pembangunan pelabuhan Feri di pulau terluar dan pulau Kahakitang sudah diterima pusat disamping pelabuhan reguler yang sudah ada saat ini, bahkan rencana tersebut sudah tercantum dalam RKP Pusat  tahun 2017,”ungkap Lumiu.

Lanjut dikatakan, mengalirnya anggaran pusat untuk pembangunan pelabuhan Feri, juga tak lepas dari penjabaran Program Nawacita, Membangun Dari Pinggiran, yang juga telah ditindak lanjuti dengan dilaunchingnya Program Geray Maritim atau Tol Laut. Ia berharap konsep membangun dari pinggiran yang telah dicanangkan langsung Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla tersebut, mendapat dukungan semua pihak, termasuk peran masyarakat dalam mensukeskannya.

”Kegiatan pembanugunan pelabuhan feri, termasuk telah terealisasinya Program Tol Laut di Sangihe, merupakan penjabaran dari konsep Nawacita, Membangun Dari Pinggiran,”ujar mantan Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Pemkab Sangih itu.(feleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.