Tim Kesehatan Sulut Gelar Pemeriksaan Gratis

Tim Kesehatan Sulut Gelar Pemeriksaan Gratis

Tim Kesehatan Sulut Gelar Pemeriksaan Gratis

Tahuna,Suarasulutnews.co.id-Pempro Sulut melalui Tim Balai Teknis Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Kelasi I Manado, Rabu (01/06) kemarin, menggelar pemeriksaan kesehatan gratis di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Kegiatan yang terpusat di ruang Serbaguna Kantor Bupati itu,langsung dibanjiri ratusan PNS di Bagian Sekretariat Daerah (Setda), termasuk PNS dari Satuan Kerja Perangkat Daerah Lainnya. Plt. Kadis Kesehatan Sangihe, Dr. Handry Pasandaran dikonfirmasi melalui staf pendamping kegiatan yang juga Kasie Pengendalian Penanggulangan Penyakit, Hein Tamatompo mengatakan, kegiatan tersebut merupakan program pemerintah pusat dalam rangka deteksi dini penyakit tak menular, seperti penyakit jantung, diabetes, kolestrol, asam urat dan beberapa penyakit lainnya.

”Kegiatan ini merupakan deteksi dini terhadap penyakit tak menular, dan merupakan program dari Kementerian Kesehatan RI,”ungkapnya ditemui disela-sela kegiatan.

Sementara terpantau dilapangan, selain pemeriksaan kesehatan gratis, juga turut turun tim lainnya yang terkait dengan program Kementerian Kesehatan, yakni pemeriksaan kualitas air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang dilakukan dor to dor dimasing-masing rumah warga.

Selain mengecek tingkat kebersihan dan kelayakkan air, tim sekaligus mengorek keterangan warga tentang kelancaran suplai air maupun kendala lainnya, termasuk mekanisme pencatatan meteran air oleh petugas PDAM.

”Kegiatan ini langsung dari Tim Kementerian Kesehatan yang akan mensurvey kualitas air PDAM, termasuk mengorek keluhan warga akan pelayanan air bersih,”ujar salah satu staf pedamping dari Dinkes Kabupaten Sangihe.(feleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.