Pemkab Sangihe Akan Efektifkan Fungsi Bakamla

Kadis Kelautan Perikanan Sangihe, Ir.Feliks Geghaube

Kadis Kelautan Perikanan Sangihe, Ir.Feliks Geghaube

Tahuna-Pemkab Sangihe tahun ini mulai mengefektifkan pengawasan kegiatan laut dengan siap memanfaatkan fungsi Badan Keamanan Laut (Bakamla).

Langkah strategis pemkab tersebut juga untuk menindak lanjuti Surat Keputusan (SK) Bupati Nomor 102 tahun 2015 tanggal 30 juni Tentang Tim Pengendalian dan Pengawasan Ikan di kawasan Kabupaten Sangihe. Demikian ditegaskan Kadis Kelautan dan Perikanan (DKP) Sangihe, Ir.Feliks Geghaube, Rabu (03/08) kemarin.

Dikatakan, pemkab melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) juga akan memperluas lingkup geraknya menjadi Tim Koordinasi Keamanan Laut (TKKL) dibawah koordinasi Bakamla Propinsi Sulut dan Bakamla Pusat.

“Jadi  menindak lanjuti SK Bupati tahun 2015 lalu, kita sesudah melakukan rapat koordinasi dengan semua pihak diantaranya, Angkatan Laut, Kodim, Polres, Perhubungan dan Kejaksaan guna  membicarakan pembentukan Bakamla di Sangihe. Hanya saja kalau berbicara pembentukan
badan, perlu waktu yang panjang, sehingga kami mencoba membentuk Tim Koordinasi Keamanan Laut (TKKL) yang langsung ada koordinasi dengan pihak Bakamla,” ungkap Gaghaube.

Ia juga mengharapkan dukungan masyarakat, karena bila Bakamla maupun TKKL terbentuk, dapat dipastikan permasalahan serta pelanggaran yang dilakukan diperairan Kabupaten Kepulauan Sangihe dapat langsung ditangani oleh tim yang akan dibentuk nanti.

“Muda- mudahan tahun ini akan mulai terbentuk, sehingga kita bisa melakukan pengawasan di laut Sangihe di bawah koordinasi Bakamla propinsi maupun Pusat,”ujarnya seraya menambahkan,demi efektifitas, Bakamla juga berenana akan membangun dermaga sendiri di Sangihe.(eleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.