Puluhan Rumah Rusak,Cuaca Ekstrim Kembali Terjang Sangihe

Kepala BPB Kabupaten Sangihe, Ir Reintje Tamboto

Kepala BPBD Kabupaten Sangihe, Ir Reintje Tamboto

Tahuna-Kabupaten Kepulauan Sangihe sejak Rabu (25/01) malam hingga Kamis (26/01) kemarin kembali diterjang cuaca buruk. Tak hanya tinggi gelombang yang disertai angin kencang serta hujan deras, gelombang pasang juga turut menerjang puluhan rumah warga yang tak jauh dari
bantaran pantai.

Informasi dari Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sangihe, Ir. Rence Tamboto, sedikitnya 18 rumah di kampung Petta Kecamatan Tabukan Utara mengalami rusak sedang dan ringan akibat gelombang pasang, termasuk 10 rumah di Kelurahan Kolongan Mitung Tahuna Timur, 1 rumah Kelurahan Santiago Tahuna serta 2 rumah di kampung Bira Tabukan Tengah juga rusak setelah diterjang angin kencang.

”Selain rusak akibat gelombang pasang, ada beberapa rumah juga yang tertindih pohon rubuh, termasuk 2 unit perahu ikan di Kelurahan Tidore dan kampung Para 1 karam setelah tali jangkar putus,”ungkap Tamboto.

Sementara itu Penjabat Bupati Drs. John Palandung MSi langsung memberikan himbauan kepada masyarakatnya saat dikonfirmasi wartawan. Ia meminta warga yang berdomisili di lereng gunung maupun dekat sungai dan yang tak jauh dai bantaran terus mewaspadainya dan memantau perkembangan cuaca. Ia juga berharap nelayan jangan dulu melaut hingga ke laut lepas dan bersabar menunggu sampai cuaca normal kembali.

”Saya berharap masyarakat terus mewasdai dampak dari cuaca buruk, termasuk par Camat dan Lurah/Kepala Kampung turut memantau dan mengawasi masyarakat diwilayahnya masing-masing,”imbau Palandung.(eleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.