Pusat Kucur Rp 1,8 M Untuk Pariwisata Sangihe

Kadis Budpar,Jefry Tilaar SE,ME

Kadis Budpar,Jefry Tilaar SE,ME

Tahuna-Peluncuran Calendar of Events serta Festival Pesona Sangihe (FPS) di Kementerian Pariwisata RI tahun 2016 mulai berdampak di tahun 2017. Ini dibuktikan dengan telah dikucurkannya dana alokasi khusus (DAK) Rp 1,8 miliyar oleh Pemerintah Pusat untuk pengembangan infrastrukur
pariwisata di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Sangihe, Wandu Labesi membenarkannya dikonfirmasi wartawan.

”Dampak dari peluncuran Calendar Of Events dan FPS sudah luar biasa, karena tahun ini kita memperoleh  anggaran DAK Rp 1,8 miliyar,”ungkapnya.

Diakuinya, kegiatan FPS yang tergolong belum lama dipatenkan, telah menjadi agenda tahunan Pemkab Sangihe,baik dalam mempromosikan berbagai potensi sumber daya alam maupun promosi seni budaya serta potensi kepariwisataan daerah.

”Dari tahun ke tahun kita tetap berusaha bagaimana FPS ini semakin paripurna pelaksanaannya, dan bersukur untuk tahun ini kita sudah punya anggaran khusus untuk agenda FPS 2017,”kata Labesi.

Sementara Kadis Budpar,Jefry Tilaar SE,ME ditemui terpisah mengatakan, pelaksanaan FPS yang pada tahun 2016 digelar di kawasan Boulevard Tahuna, tidak hanya sebagai ajang promosi berbagai potensi daerah, tapi turut menjadi sarana hiburan bagi masyarakat setempat.

Setiap menjelang sore higga malam  dilokasi FPS yang berlangsung sepekan itu, langsung dipadati pengujung baik dari kota Tahuna maupun dari wilayah kecamatan lainnya,termasuk kalangan pelajar yang turut memanfaatkan keikutsertaan instansi dilingkup Pemkab Sangihe maupun instansi vertikal yang membuka stand pameran pembangunan.

”Selain ada pelayanan masyarakat dibeberapa instansi, seperti KTP-e oleh instansi teknis, FPS juga menyiapkan panggung hiburan yang setiap malam diisi dengan pagelaran budaya setempat,”ujar Tilaar.(eleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.