BPBD Sangihe Usulkan Bantuan Bencana ke Pusat

Kepala BPBD Kabupaten Sangihe, Ir. Rence Tambot

Kepala BPBD Kabupaten Sangihe, Ir. Rence Tamboto

Tahuna-Akibat bencana gelombang pasang dan angin kecang yang melanda Sangihe baru-baru ini, puluhan rumah warga mengalami rusak berat dan rusak ringan, termasuk sejumlah warga harus tinggal dilokasi pengungsian.

Terkait hal itu, Pemkab Sangihe melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) langsung mengambil langkah dengan secepatnya mengusulkan bantuan bencana ke Pemerintah Pusat. Hal ini dibenarkan Kepala BPBD Sangihe, Ir. Rence Tamboto kepada sejumlah wartawan, Kamis (16/02) kemarin.

”Ada cukup banyak rumah yang rusak akibat gelombang pasang, sehingga kami perlu bantuan pusat untuk penanggulangan,”kata Tamboto.

Sebelumnya bahan makanan dan keperluan korban bencana  termasuk warga yang mengungsi, sudah diberikan pemkab setempat yang diserahkan langsung Penjabat Bupati Sangihe, Drs. John Palandung MSi, dan selanjutnya akan diupayakan bantuan lanjutan lewat pusat maupun provinsi.

”Jadi sudah ada bantuan dari pemkab setempat yang diserahkan beberapa waktu lalu oleh pak Penjabat Bupati,”ungkap Tamboto.

Sementara terkait dengan intensitas curah hujan dan angin kencang yang masih mengancam wilayah Sangihe, Tamboto menghimbau masyarakat tetap mewaspadainya, baik warga yang berdomisili di lereng gunung, bantaran sungai dan bantaran panti serta kalangan nelayan disaat hendak melaut.

”Memang cuaca sudah mulai membaik, namun masyarakat harus tetap waspada, apalagi saat ini angin masih cukup kencang bertiup serta masih turun hujan,”pungkas Tamboto,(eleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.