Dolog Tahuna Gelar Gerakkan Stabilisasi Pangan

Kantor Dolog Sub Devisi Regional II Tahuna, Castro Hermances

Kepala Dolog Sub Devisi Regional II Tahuna, Castro Hermances

Tahuna-Menjelang bulan puasa dan perayaan Idul Fitri, Dolog Sub Devisi Regional II Tahuna menggelar Gerakkan Stabilisasi Pangan yang dilaksanakan secara nasional. Khusus di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Gerakkan Stabilitasi Pangan diwujudkan dengan kegiatan pasar murah yang dilksanakan pekan lalu di Makodim SaTal, bekerja sama dengan Kodim 1301 SaTal dan Dinas Perindustrian Perdagangan (Perindag) Sangihe.

Khusus pasar murah yang bekerja sama dengan Kodim, produk yang dijual, sebagaimana yang dijelaskan Kepala Dolog Tahuna, Castro Hermanses, masih terbatas pada beras jenis premium sebanyak 600 kilogram dengan harga jual Rp 10 ribu per kilogram serta gula pasir sebanyak 200 kilogram dengan harga jual Rp 12.500 serta tepung Rp 8.500 dan telur ayam rp 1500 per butir.

Hermanses mengakui, Gerakkan Stabilitas Pangan dilakukan dalam rangka menekan harga yang biasanya berfluktuasi dan sering naik ketika menjelang hari-hari besar keagamaan.

”Dalam rangka gerakkan stabilitas pangan yang dicanangkan di seluruh Indonesia, Dolog bekerja sama dengan Kodim 1301 SaTal dan dilaksanakan sesuai dengan jadwal kegiatan pasar murah Perindag Sangihe,”kata Hermanses.

Sementara disentil adanya keluhan masyarakat penerima manfaat beras miskin (Raskin), menyusul adanya raskin yang mutunya rendah dan tidak bisa dikomsumsi, tak ditepis Hermanses.

Ia bahkan mengakui, tidak tertutup kemungkinan dalam ribuan karung yang dikeluarkan dari gudang dolog, diantaranya ada yang kurang bagus. Karenanya berkenan dengan itu, Hermanses menjamin pihaknya segera akan mengganti beras yang rusak tersebut, termasuk berharap para Lurah maupun Kapitalaung (Kepala kampung) segera menghubungi pihak Dolog ketika menerima keluhan warga soal mutu raskin yang kurang baik.

”Dari ribuan karung raskin yang dikeluarkan dari gudang, sudah pasti ada yang tidak baik, dan kami pun tak serta merta langsung bisa mendeteksinya. Dan mengenai hal ini kami sudah sepakat dengan Lurah maupun Kapitalaung untuk segera melaporkan kepada Dolog agar raskin tersebut segera diganti,”ujarnya.(eleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.