Gaghana-Hontong Seriusi Program Pengentasan Kemiskiinan

Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe,Jabes Ezar Gaghana SE,ME

Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe,Jabes Ezar Gaghana SE,ME

Tahuna-Mengawali tugas pemerintahan sebagai pimpinan daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Bupati Jabes Ezar Gaghana SE,ME bersama Wabub Helmud Honton SE, langsung tancap gas mengsukseskan program pengentasan kemiskinan.

Ini tak hanya di buktikan dengan dijadikannya masalah kemiskinan rangking satu Visi Misi Sapta Karya, yakni menurunkan tingkat kemiskinan penduduk secara sistimatis, terfokus, terpadu dan konsisten, Gaghana-Hontong juga langsung leadeng dengan persoalan BPJS ketika mengawali hari kerja sebagai Bupati dan Wabub.

Tak heran saat menggelar rapat kerja perdana di ruang serba guna pendopo rumah jabatan bupati, Jumat peka lalu, Bupati Gaghana langsung menyentil hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan BPJS termasuk menegaskan betapa pentingnya fasilitas BPJS bagi masyarakat yang kurang mampu. Ia bahkan mengatakan, hanya BPJS yang menjadi solusiuntuk menangani ketidak mampuan masyarakat miskin dalam memikul beban biaya berobat yang semakin hari semakin meningkat.

”Jika tidak dibantu atau difasilitasi dengan BPJS, masyarakat akan mengalami problema baru, karena saat ini untuk berobat sangat mahal. Jadi BPJS bagian dari solusi untuk membantu persoalan masyarakat miskin,”tegas Gaghana.

Tidak hanya BPJS, penyediaan program Rumah Tak Layak Huni (RTLH) juga turut dipresur Pemerintahan Gaghana-Hotong dalam menanggulangi kemiskinan. Bahkan menurut Gaghana, Pemkab Sangihe akan terus berupaya menganggarkan dana untuk pembangunan rumah yang layak bagi masyarakatmiskin.

“Dari analisa riil, terhadap jumlah masyarakat miskin yang ada saat ini, sebenarnya problem kita ada pada perumahan. Jadi kita bersyukur ada bantuan dari pusat maupun dari APBD, sehingga masyarakat kita dapat menempati rumah yang layak huni dari sebelumnya rumah yang tidak layak dihuni,”ungkap Bupati yang sebelumnya juga menjabat Wakil Bupati dua periode tersebut.

Yang menarik, esensi pengentasan kemiskinan yang tersurat salam program Sapta Karya, juga sinkron dengan visi Pemerintah Pusat Presiden Joko Widodo – Jusuf Kala serta visi Pemprov Sulut, Oreintasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) yang saat ini siap ditunjang dan disukskan Pemkab Sangihe.

”Visi yang terkandung dalam Sapta Karya tidak lepas dari visi Pemerintah Pusat maupun visi Pemprov Sulut melalui program ODSK yang harus kita dukung dan topang bersama,”ujar Gaghana.(eleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.