Belajar Pertanian, Hontong Cs Terbang ke Korsel

Sekda Kabupaten Sangihe Edwin Roring,SE.MM

Sekda Kabupaten Sangihe Edwin Roring,SE.MM

Tahuna-Demi mempelajari sekaligus menatap perkembangan pertanian di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Wakil Bupati Helmud Hontong SE nekat terbang ke Korea Selatan (Korsel), Selasa (29/08) kemarin.

Keberangkatan ke Korea Hontong turut didampingi Sekda Edwin Roring SE,ME dan Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Kehutanan, (DP3K) Ir. Mathilda Lumeling MSi. Sekda Edwin Roring dikonfirmasi wartawan membenarkan Hontong dan sejumlah pejabat tersebut.

Dijelaskan Roring,keberangkatan Tim Pemkab Sangihe ke Korea tak lain untuk mempelajari sistim pertanian organik yang juga merupakan inovasi dalam mengembangkan sitim pertanian di kawasan yang berbatasan dengan negara tetangga Philipina tersebut.

Karena sifatnya hendak mempelajari termasuk dapat mengadopsi jika sistim pertanian salah satu negara maju di Asia itu cocok dengan kondisi pertanian di Sangihe, tim akan berada di Korea selama lima hari.

”Pak Wabub dan kami serta Ibu Lumeling selama lima hari berada di Korea, sebab kunjungan ini berkaitan dengan agenda untuk mempelajari teknis pertanian organik yang juga merupakan bagian dari inovasi pertanian di Sangihe,”ungkapnya.

Roring juga mengakui, untuk melakukan terobosan dan inovasi harus ada pengorbanan, namun dibalik itu ada manfaat yang berarti dari hasil terobosan yang dilakukan.

”Yang pasti ada kontribusi postif dari kunjungan ke Korea,khususnya untuk kemajuan pertanian yang bisa dipelajari dan diterapkan di daerah,”kata Roring.

Sementara nada miring tetap tak terhindarkan ketika publik mengetahui keberangkatan Hontong Cs ke Korea. Seperti ditegaskan tokoh masyarakat, Joutje Ari Abast, tidak perlu keluar negeri ketika hanya untuk mempelajari pertanian, sebab beberapa daerah di tanah air, termasuk di Sulawesi sudah cukup maju pertaniannya dan sangat layak untuk dilakukan studi banding atau menimba ilmu.

”Kalau keuangan daerah mencukupi tak mengapa belajar pertanian di luar negeri, tapi sebetulnya beberapa daerah di tanah air juga sangat layak dijadikan tempat untuk belajar tentang pertanian,”tegas mantan anggota DPRD Sangihe itu.(eleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.