Pangkalan AL Tipe A Segera Dibangun di Sangihe

Kadis Pekerjaan Umum (PU) Pemkab Sangihe, Demostenes Palit SE

Kadis Pekerjaan Umum (PU) Pemkab Sangihe, Demostenes Palit SE

Tahuna-Kabupaten Kepulauan Sangihe yang juga wilayah perbatasan terus mendapat perhatian serius pemerintah pusat. Buktinya, Kabupaten yang dinakhodai Bupati Jabes E Gaghana SE ME dan Wabub Helmud Hontong SE, bakal segera dibangun Pangkalan Angkatan Laut (AL) Tipe A.

Kepastian pembangunan Pangkalan TNI AL juga terungkap sebelumnya ketika Bupati Gaghana memimpin rapat terkait dengan kesiapan lahan pembangunan Pangkalan AL.

Salah staf khusus Bupati Jerusalem Mendalora ketika dihubungi juga  membenarkan rencana pembangunan pangkalan AL yang rencananya akan di bangun di kampung Pananaru Kecamatan Tamako.

“Untuk persiapan pembebasan lahan sebesar 24 hektar sudah dirapatkan bersama Bupati. Saat ini pendekatan kepada masyarakat akan dilakukan terkait dengan pembebasan lahan yang terletak di dusun Bansa Kampung Pananaru”, ujar Mendalora.

Ia juga menyatakan Pemkab Sangihe memberikan apresiasi yang tinggi terhadap rencana pembangunan pankalan AL, mengingat Sangihe yang terdiri dari banyak pulau dan memiliki kerawanan sangat tepat jika dibangun pangkalan TNI.

“Kita wilayah perbatasan yang tentunya sangat berharap keamanan di wilayah perbatasan ini terus terjaga. Dan dengan hadirnya pangkalan AL ini menjadi suatu jaminan bahwa wilayah perbatasan benar-benar terjaga dari berbagai ancaman”, katanya lagi.

Terpisah Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU), Demonstenes Palit ketika ditemui, menyatakan untuk anggaran pembangunan Pangkalan serta fasilitas penunjang lainnya akan dibiayai oleh Angkatan Laut.

“Pemkab Sangihe akan mempersiapkan sekaligus membangun infrastruktur lainnya. Seperti jalan menuju ke lokasi pangkalan AL”, ujar Palit yang juga menambahkan, jalan menuju ke lokasi pembangunan Pangkalan AL tersebut akan direalisasikan pada penghujung tahun anggaran 2017 ini.

Sebelumnya Bupati dan Danlanal Tahuna juga telah melihat langsung sekaligus beberapa kali melakukan survey dilokasi yang akan dibangun pangkalan, bahkan survey yang dilakukan belum lama ini merupakan survey terakhir untuk selanjutnya dilakukan persiapan pembangunan pangkalan.(eleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.