Antisipasi Serangan DBD,Gaghana : Mari Berantas Jentik Nyamuk

Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe,Jabes Ezar Gaghana SE,ME

Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe,Jabes Ezar Gaghana SE,ME

Sangihe-Tingginya angka penderita demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Kepulauan Sangihe terus menyita perhatian Bupati Jabes Gaghana SE,ME. Tak hanya membesuk langsung para penderita penyakit mematikan itu di RSUD Liunkendage Tahuna, orang nomor satu Sangihe itu juga turut mengajak seluruh komponen di Sangihe, baik instansi teknis, masyarakat serta Aparat Sipil Negara (ASN) bersama-sama memberantas jentik-jentik nyamuk penyebar virus DBD.

”Saya mengajak seluruh elemen masyarakat dan ASN bersama-sama memerangi perkembangbiakkan jentik nyamuk DBD,”ungkap Gaghana pada rapat koordinasi bersama jajaran dinas kesehatan, kepala puskesmas, para camat dan lurah baru-baru ini.

Gaghana juga meminta dinas teknis serta instansi terkait lainnya memberikan masukkan serta pemahaman kepada masyarakat betapa sangat mewabahnya demam berdarah, sehingga dibutuhkan peran serta semua pihak dalam mengantisipasinya.

Partisipasi yang diharapkan dari masyarakat kata Gaghana, yakni adanya rasa proakif melakukan kerja bakti bersama membersihkan lingkungan, meski saat ini Pemkab Sangihe masih rutin melakukan program kerja bakti masal setiap hari Sabtu.

”Kerja bakti lingkungan kalau perlu jangan menunggu hari sabtu, tapi jumat bersih serta hari-hari lainnya perlau dilakukan dan masyarakat diajak untuk melihat hal-hal yang menjadi penyebab perkembangnya jentik-jentik nyamuk DBD,”tegasnya.

Dikesempatan itu Gaghana turut mengingatkan hal-hal yang terkercil, mulai dari botol aqua bekas, kaleng bekas, perahu-perahu yang digenangi air bahkan bekas batok kelapa yang dibuang sembarang harus dipahami masyarakat sebagai wadah-wadah potensial perkembangbiakkan nyamuk DBD,agar tidak ada lagi korban meninggal akibat DBD, Gaghana juga menginstruksikan para camat dan lurah serta kepala kampung bersama warga masing-masing secara rutin memerangi penyebaran jentik nyamuk DBD dengan melakukan pembersihan, menguras bak mandi serta mengubur wadah-wadah yang biasa menjadi tempat bertelur nyamuk.

”Kepada camat dan lurah serta kepala kampung saya minta menyikapi serius permasalahan DBD dengan rutin bersama masyaraka membersihkan lingkungan,”pungkasnya.(Verry)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.