Lakukan Aksi Terhadap Jenasah PDP Covid-19 Kapolri Idham Azis Telepon Bripka Jerry Tumundo

MINUT – Aksi kemanusiaan yang dilakukan oleh Bripka Jerry Tumundo menjadi buah bibir di kalangan masyrakat bahkan hingga media sosial, atas apa yang dilakukannya terhadap salah satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 yang meninggal dunia.

Bripka Jerry Tumumdo yang merupakan Kanit reskrim Polsek Dimembe Kabupaten Minahasa Utara, berinisiatif dan menawarkan diri turut mengangkat peti jenazah bersama sopir ambulans dan anaknya serta seorang warga lainnya.

Hal yang dilakukannya mengingat jenasah PDP sempat terlantar sekira dua jam lamanya, setelah tiba dari rumah sakit dibawa ambulans dari RSUP Prof Kandou Manado ke lahan pekuburan di Desa Wusa, Kecamatan Talawaan, Kabupaten Minahasa Utara, karena warga tak berani untuk memdekatinya.

Akhirnya jenasah bisa di makamkan dengan menggunakan Alat Pelindung Diri yang disediakan oleh pemerintah Kabupaten Minahasa Utara tanpa pelayat dan beribadah dengan sukarela membantu untuk dimakamkan.

Aksi yang dilakukannya akhirnya di ketahui oleh jajaran kepolisian republik Indonesia, Kapolri Jenderal Idham Azis dan langsung menghubungi Bripka Jerry Tumundo melalui Telepon Video Call milik pribadinya.

Dalam Video Call Kapolri Idham Azis, mengaku bangga dengan apa yang ditunjukkan anak buahnya tersebut. Menurutnya itu adalah bentuk kerja kemanusiaan yang dilandasi keikhlasan dan ketulusan.

Atas nama pribadi dan institusi tribata, Kapolri Idham Azis mengucapkan terima kasih atas aksi kemanusiaan yang telah dilakukannya untuk memakamkan jenasah tersebut.

Dengan apa yang dilakukannya, Kapolri Idham Azis memberikan kesempatan Bripka Jerry Tumundo untuk mengikuti Sekolah Inspektur Polisi (SIP) di tahun 2021.

“Kamu harus ikut sekolah tahun depan, Sampaikan kepada Kapolsek dan Kapolres, kamu sudah berbicara dengan Kapolri. Nanti surat akan saya kirimkan ke Kapolda,” janjinya.

Hadiah tersebut disambut dengan rasa haru, dengan nada ada sedih dan gembira disaat menjawab terdengar dari nada suara Bripka Jerry Tumundo, juga terdengar apa yang disampaikan oleh Kapolri Idam Azis dia berulangkali mengucapkan terima kasihnya kepada perwira bintang empat tersebut.

Sebelumnya, Bripka Jerry Tumundo juga telah mendapat piagam penghargaan dari Kapolda Sulut, Irjen Pol. Royke Lumowa.   (Jan Selang)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.