Pemprov Sulut Berikan 500 Paket Sembako Bagi Sopir Angkot dan Tukang Ojek di Sangihe

 

Sangihe – Pemberian bantuan sosial berupa beras oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara bagi warga terdampak bencana Virus Corona terus dilakukan. Di Kabupaten Sangihe khususnya, bagi-bagi sembako ini mulai disalurkan.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulut dr Rini Tamuntuan ketika diwawancara awak media mengatakan, bahwa untuk kegiatan yang sedang dilaksanakan di kabupaten Sangihe, merupakan bentuk kepedulian dari Pemerintah provinsi Sulawesi utara dalam hal ini Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw.

“Pimpinan daerah Provinsi Sulut begitu peduli terhadap warga di 15 Kabupaten/Kota di Sulut, hal ini dilakukan untuk mempercepat penanganan wabah Covid-19. Tentunya juga kita harus bersama-sama, jadi baik Pemerintah Provinsi dan kabupaten/Kota. Jadi Gubernur sangat memperhatikan khususnya Sangihe yang saat ini sedang dilaksanakan pemberian bantuan,” ucap Tamuntuan.

Menurut dia, bantuan tersebut diperuntukan bagi masyarakat miskin, masyarakat rentan miskin atau miskin baru yang adalah pekerja-pekerja informal, seperti tukang ojek, sopir angkot dan buruh di pelabuhan maupun di bandara.

“Kita tahu bersama, dengan adanya imbauan pemerintah untuk social distancing atau phisycal distancing, tentunya banyak masyarakat yang hanya bekerja dirumah dan ini sangat berdampak bagi penghasilan atau pendapatan pekerja yang informal,” tukas dia.

Namun demikian, lanjut dia, pemberian bansos ini harusnua juga dilakukan oleh Pemerintah kabupaten bekerjasama dengan Pemerintah provinsi, karena program ini merupakan keputusan atau instruksi langsung Presiden RI Joko Widodo.

“Padahal sebenarnya ini harus bekerjasama dengan Pemerintah kabupaten karena yang bersinggungan langsung dengan masyarakat di kabupaten itu adalah Pemerintah kabupaten. Jadi ada baiknya pemkab menindaklanjuti hal ini karena ini semua merupakan keputusan Presiden jadi kita harus bekerjasama,” harap dia.

Sementara itu, Kepala seksi Jaminan Sosial Keluarga Dinsos Provinsi Sulut Jullivan Kondoahi menjelaskan untuk bantuan yang diserahkan saat ini berdasarkan permohonan rekan-rekan sopir angkot.

“Untuk Kabupaten Sangihe permohonan yang baru masuk ke Pemrpov sulut adalah rekan-rekan sopir angkot, jadi kita menyediakan bansos sembako itu berdasarkan permohonan karena yang lebih tahu kebutuhan ada di kabupaten/kota. Untuk jumlah bantuan yang disiapkan sesuai dengan data jumlah sopir angkot ada 185, untuk tukang Ojek, ada juga sebagian dari buruh total bantuan yang dibawa ini ada 500 paket, masing-masing akan menerima 5 Kg beras,” tutup Kondoahi. (Andika)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.