Hasil Swab Ketiga Pasien 01 Negatif, Thungari: Kita Menunggu Hasil Swab Keempat

Sangihe – Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sangihe dr Jopi Thungari mengatakan, bahwa pihaknya sudah menerima hasil pemeriksaan Swab ketiga terhadap pasien terkonfirmasi positif 01 dengan hasil negatif.

“Hari ini kami sudah menerima hasil pemeriksaan swab dari pasien terkonfirmasi positif nomor 01, jenis kelamin laki-laki 23 tahun warga kecamatan tahuna timur. Hasil pemeriksaan swab ketiga dari Laboratorium besar Kementerian Kesehatan Jakarta dengan hasil negatif,” jelas Thungari, Kamis (14/05/2020).

Dikatakan dia, Pasien Covid-19 nomor 01 dengan jenis kelamin laki-laki, umur 23 tahun warga Kecamatan Tahuna timur ini, sudah menjalani sebanyak beberapa kali dilakukan pengambilan sampel, sesuai pedoman dari Kementerian Kesehatan tentang penanganan Covid-19, dengan hasil swab pertama negatif, hasil kedua positif, sedangkan hasil ketiga negatif.

“Pasien akan dipulangkan ketika pasien tersebut sudah dinyatakan sembuh, dan kriteria untuk dinyatakam sembuh itu, apabila dua kali secara berturut-turut dengan hasil negatif. Jadi saat ini kita masih menunggu hasil pemeriksaan keempat, yang sudah dikirm pada Sabtu pekan lalu ke Manado. Mudah-mudahan secepatnya hasil akan diterima oleh gugus tugas Kabupaten Sangihe,” terang dia.

Menurutnya, hasil keempat ini akan jadi penentu apakah pasien sudah dinyatakan sembuh hingga bisa dipulangkan.

“Mudah-mudahan saja hasilnya negtaif. Kondisi pasien sejauh ini sudah tidak memiliki gejala klinis. Jadi harus dibuktikan secara berturut-turut dengan hasil negatif,” ucap Thungari.

Sementara itu, ketua tim medis penanganan Covid-19, dr Aprikonus Loris mengatakan terkait dengan kondisi pasien nomor 01 yang hingga saat ini masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Liun Kendage Tahuna mulai membaik.

“Dari awal pasien nomor 01 ini berstatus ODP, kemudian dalam perawatan tim medis gejala klinis pasien mulai membaik, tapi untuk membuktikan pasien sembuh harus melihat hasil dari Swab jika negatif artinya pasien sudah sembuh,” tutup dia. (Andika)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.