Sosialisasi Pemberdayaan UMKM di Kecamatan Kawangkoan Berlangsung Baik

Minahasa – Dalam upaya untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Pemerintah Provinsi Sulut dan Perintah Kabupaten Minahasa, melalui Instansi Dinas Koperasi dan UKM, melakukan program sosialisasi yang berfokus pada pemberdayaan UMKM telah digelar dengan sukses, Selasa (28/11-2023).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan yang diperlukan bagi para pelaku UMKM untuk meningkatkan menopang perekonomian serta berdaya saing dan menjalankan bisnis mereka secara efektif.

Plt.Kepala Dinas Koperasi Dan UKM provinsi Sulut Drs.Jahja.Gultom. MAP. lewat wartawan media ini, bahwa berdasarkan peraturan pemerintah nomor 7 tahun 2020, ada tiga sektor yang di perhatikan oleh pemerintah, yaitu kemudahan,perlindungan dan pemberdayaan.

“Saat ini dari ketiga item di atas, kami tengah fokus kepada pemberdayaan dalam memberikan bimbingan serta pelatihan bagi pelaku UMKM. Itulah sebabnya kami intens melalukan sosialisasi kepada para pelaku UMKM. Sampai saat ini, sosialisasi telah kami lakukan di 15 kabupaten dan kota” ujarnya.

Disela sela kegiatan sosialisasi itu juga, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Minahasa, Siby.Sengke.S.Sos.MAP. juga memberikan keterangannya pada wartawan media ini, bahwa kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberi motivasi kepada pelaku usaha dalam menjalankan usaha bisnis UMKM.

“Dengan itu kami melibatkan salah satu pihak perbankan, dalam hal ini Bank Sulut Go. Sehingga kegiatan sosialisasi ini dapat menampung aspirasi dari pelaku UMKM” jelas kadis Sisby

Tentunya lewat program-program kredit yang ada di pihak perbankan, akan membantu para pelaku usaha UMKM, sesuai dengan syarat dan ketentuan dari pihak perbankan dan pelaku usaha. Peluang kredit tersebut berupa KUR, dapat di ajukan kepada bank-bank seperti BRI juga bank Sulutgo.

“Yang jelas ketika semua dokumen berkas ketentuan dari pihak bank sudah lengkap pasti akan di proses secepatnya” Tutur kadis Koperasi dan UMKM Minahasa . Siby Sengke. S.Sos.MAP.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Camat Kawangkoan. Eightmi. Moniung.SH. serta staf dan Hukum Tua desa Tondegesan serta para perangkat desa dan masyarakat.

(Farly Bujung)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.