Puskesmas Kawangkoan Gelar Lokakarya Mini Lintas Sektor

Minahasa – Puskesmas Kawangkoan Kabupaten Minahasa melaksanakan kegiatan Lokakarya Mini Lintas Sektor melalui kerjasama tim, baik lintas program maupun lintas sektor bertempat di kantor desa Kiawa Dua Kecamatan Kawangkoan Utara, Kamis (21/12-2023).

Lokakarya Mini Lintas Sektoral Puskesmas merupakan pertemuan antar petugas puskesmas dengan sektor terkait untuk meningkatkan kerjasama tim, memantau cakupan pelayanan puskesmas dan membina peran serta masyarakat secara terpadu agar dapat meningkatkan fungsi puskesmas.

Kegiatan ini juga, dalam rangka penguatan program kerja dan sebagai bentuk upaya penggalangan serta pemantauan kegiatan sesuai dengan perencanaan puskesmas di wilayah kerja.

Kepala Puskesmas Kawangkoan Dr.Martini Oroh mengatakan, Pelaksanaan ini merupakan salah satu ruang guna membangun komitmen, menyatukan misi di tingkat pemangku kepentingan, meningkatkan kerja sama tim, memantau cakupan pelayanan puskesmas serta membina peran serta masyarakat secara terpadu agar dapat meningkatkan fungsi puskesmas itu sendiri.

Kapus Oroh juga menyampaikan bahwa pentingnya pelaksanaan Lokakarya Mini Lintas Sektor, agar demikian dapat memonitor serta mengevaluasi sistem pelayanan bagi masyarakat demi pendekatan pelayanan, agar terciptanya pelayanan yang prima.

Ia juga menyampaikan, pentingnya posyandu yang ada di kelurahan dan desa dalam memantau perkembangan kesehatan masyarakat desa, ujar Kapus Oroh.

Kegiatan tersebut di hadiri Camat Kawangkoan Utara, Fabian Mendur,S.Pt.MM, dan Camat Kawangkoan Eightmy Moniung. SH.

Camat Fabian dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan lokakarya mini lintas sektor sangatlah penting untuk di lakukan. Karena melalui lokakarya seperti ini, ada transparansi dalam sistem pelayanan oublik di sektor kesehatan.

Dengan adanya kegiatan seperti ini dapat menampung aspirasi dari masing masing kecamatan dan desa, terkait pelayanan kesehatan serta kondisi kesehatan masyarakat, baik dari kesiapan tenaga medis, serta sarana prasarana dalam pelayan kesehatan.

Hal senada juga disampaikan oleh camat Eightmi Moniung, menyampaikan bahwa pendekatan pelayanan kesehatan harus dapat tercipta di tengah masyarakat. Karena kesehatan adalah modal yang utama dalam hidup. Tutur Eightmi.

Nampak hadir juga para hukum tua dan Lurah dari Kecamatan Kawangkoan dan Kawangkoan Utara, serta unsur pemerintah lainnya dan para tokoh masyarakat serta perwakilan sektor pendidikan di kedua kecamatan tersebut,

( Farly Bujung )

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.