KPU Mitra Melampaui Target Nasional Dalam Proses Pemilu 2024

Mitra – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) telah selesai melaksanakan Pemilihan Umum Tahun 2024 dengan tingkat partisipasi pemilih yang melebihi target nasional secara signifikan.

Dalam pemilihan yang diadakan pada tanggal 14 Februari, jumlah pemilih yang menggunakan hak pilih melampaui target nasional, sehingga menunjukkan  keterlibatan masyarakat yang tinggi dalam proses demokrasi.

Dijelaskan Ketua KPU Otnie Tamod, dari total 89.286 Daftar Pemilih Tetap yang ada di Mitra, sebanyak 78.798 pemilih telah menggunakan hak pilih mereka. Angka ini menunjukkan tingkat partisipasi sebesar 89,21 persen, yang jauh melampaui target nasional sebesar 77,5 persen. Sehingga Kabupaten Mitra berhasil memimpin dengan contoh yang luar biasa dalam mendorong keterlibatan masyarakat dalam proses pemilihan umum.

Tingkat partisipasi yang tinggi ini juga terlihat dalam berbagai jenis pemilihan. Untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, tingkat partisipasi mencapai 89,21 persen, sedangkan untuk DPR dan DPD berada di angka 89,09 persen. Bahkan, untuk DPRD Provinsi Dapil Sulut 5, tingkat partisipasi mencapai 89,04 persen. Tidak ketinggalan, tingkat partisipasi untuk DPRD Kabupaten, dari akumulasi 4 Daerah Pemilihan, berada pada angka 89,01 persen, ungkapnya.

Keberhasilan ini tidak hanya disebabkan oleh tingkat partisipasi yang tinggi dari Daftar Pemilih Tetap, tetapi juga berkat inklusi Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK). DPTb memberikan kesempatan kepada pemilih untuk memilih hingga 5 jenis surat suara sesuai dengan daerah asal dari pemilih itu sendiri. Sementara DPK mencatat 454 pemilih yang menggunakan hak pilihnya di Kabupaten Minahasa Tenggara.

“Keberhasilan ini merupakan hasil dari upaya kolaboratif semua pihak, mulai dari tahapan pemutakhiran data pemilih hingga pelaksanaan pemungutan suara oleh badan adhoc KPPS” cetus Tamod.

Hal ini oleh karena semua jajaran terlibat aktif dalam memastikan bahwa seluruh pemilih dapat dijangkau dan terlibat dalam proses demokrasi, menjadikan Pemilihan Umum 2024 sebagai momentum penting dalam memperkuat partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraann egara.

“Kami mengucapkan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang terlibat dalam kesuksesan Pemilihan Umum 2024 di Kabupaten Minahasa Tenggara. Semangat keterlibatan yang tinggi ini harus terus dijaga dan ditingkatkan dalam menjaga keberlangsungan demokrasi di Indonesia” tutup Ketua KPU Mitra Otniel Tamod.

(Jan. S)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.