ISIS memperkuat kubu Suriah nya Raqqa sebagai Kurdi lebih dekat

ISIS dilaporkan menggali parit dan menyerukan bala bantuan untuk mempersiapkan kemungkinan serangan oleh pasukan Kurdi di kubu mereka Raqqa di utara Suriah, aktivis dan pejabat Kurdi mengatakan kepada CNN, Rabu.

ISIS pindah konvoi hampir 100 kendaraan militer dikemas dengan senjata, amunisi dan pejuang dari pedesaan timur Raqqa ke salah satu basis kelompok teror itu di dalam kota, Rami Abdurahman, direktur Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, mengatakan kepada CNN, Rabu . Observatorium ini adalah kelompok pemantau yang berbasis di London.

Fortifikasi modal kelompok de-facto di Suriah terjadi hanya sehari setelah pasukan YPG Kurdi yang didukung oleh serangan udara yang dipimpin AS koalisi merebut kendali dari kota Ain Isa, observatorium dilaporkan. Kemenangan taktis menempatkan rival tangguh ISIS ‘hanya 55 kilometer (sekitar 34 mil) dari kota Raqqa.

“Fighters masih membersihkan rumah dan jalan-jalan booby-trap dan tambang. Ada beberapa bentrokan dari ISIS kantong di pinggiran kota, tapi Ain Isa dan desa-desa sekitarnya bebas dari teroris ISIS,” kata Ismet Sheik Hassan, yang Menteri Pertahanan Kurdi Kobani mana banyak dari para pejuang YPG berasal.

Selatan dari bentrokan, satu kelompok aktivis melaporkan Raqqa Kurdi minoritas diperintahkan untuk mengevakuasi kota atau wajah penahanan, kata Abu Ibrahim al-Raqawi, kepala Raqqah yang Menjadi Dipotong Diam-diam, dari perbatasan Turki-Suriah.

“ISIS takut Kurdi akan memberikan dukungan mereka kepada YPG, dan beberapa mungkin sel-sel tidur, sehingga perintah dikeluarkan. Semua Kurdi harus melapor ke kantor ISIS dalam waktu 72 jam,” al-Raqawi mengatakan berdasarkan laporan dari aktivis dalam Raqqa. “Mereka dipaksa untuk menyerahkan kunci rumah mereka dan meninggalkan kota.”

Abdurahman mengangkat pertanyaan tentang laporan itu dan mengatakan CNN beberapa di dalam kota membantah klaim tersebut. Seorang aktivis media yang Kurdi, Mahmoud Bali, bentak foto Rabu keluarga Kurdi dikemas ke belakang pickup dengan apa-apa kecuali tas kanvas melarikan diri Raqqa.

“Ya ada kemauan untuk masuk Raqqa karena kita ingin membersihkan semua Suriah. Kami ingin menyingkirkan semua ISIS. Kami telah bersumpah di mana saja bahwa ada ISIS, kita harus menyingkirkan mereka demi gratis, demokratis dan plural Suriah, “kata Hassan.

Pengamat: Kurdi mungkin tidak siap untuk menyerang belum
Aktivis dan pengamat mengatakan Kurdi YPG tidak siap untuk melancarkan serangan di kota didominasi Arab Raqqa, di mana milisi mungkin menghadapi serangan oleh ribuan pejuang ISIS terlatih dan dilengkapi. Etnis minoritas mungkin juga menghadapi resistensi dari penduduk kota didominasi Arab, yang memandang milisi sebagai kekuatan tempur luar.

“Kami serius tentang tujuan kami untuk menyingkirkan ISIS, dan kami ingin bekerja dengan Suriah Tentara Gratis. Kami bersedia untuk memberikan dukungan apapun, dan kita menanggapi panggilan dari orang-orang,” kata Hassan, menunjuk ke kemitraan pasukan pemberontak Arab seperti Brigade Raqqa Revolusioner ‘sebagai tanda kerjasama.

“Banyak orang sedang mempersiapkan untuk melarikan diri jika pertempuran pecah antara YPG dan ISIS. Warga sangat takut Kurdi akan membalas Kobani,” kata al-Raqawi mengacu pada kota perbatasan Kurdi tersisa di kehancuran mengucapkan setelah lebih dari 100 hari pertempuran antara ISIS dan YPG.

Aktivis Sunni menuduh milisi Kurdi pelanggaran di wilayah di bawah kendali mereka, termasuk penangkapan sewenang-wenang dan eksekusi, menurut al-Raqawi. Dalam sebuah laporan tahun lalu, Human Rights Watch mencatat kasus penculikan, pembunuhan dan penyalahgunaan dalam penahanan di kantong-kantong minoritas.

“Orang-orang takut YPG, dan mereka takut ISIS. Mereka merasa seperti perang ini telah robek kain masyarakat di Raqqa,” kata al-Raqawi.

“Sayangnya, itu adalah perang milisi dan warga sipil membayar harga.”

sumber:cnn.com

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.