KPU Bitung Ragu Partisipasi Pemilih Capai 75 Persen

Josep-Sammy-RumambiMinat Menjadi PPS Masih Kurang

Bitung –  Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Bitung, Josep Sammy Rumambi mengakui dirinya ragu tingkat partisipasi pemilih pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kota Bitung dapat mencapai 75 persen.

“Kami belum bisa memastikan target partisipasi pemilih apakah bisa mencapi 75 peren dibandingkan dengan Pemilukada tahun 2010 lalu yang hanya mencapai 68 persen,” jelas Rumambi, Minggu (17/5).

Ada berbagai pertimbangan yang menurutnya sangat mempengaruhi tingkat partisipasi pemilih pada Pemilukada tahun 2015. “Selain tingkat kepercayaan masyarakat kepada para calon yang cenderung turun, terutama dapat dilihat dari minat warga untuk mendaftar menjadi Panitia Pemungutan Suara (PPS) di kelurahan, masih kurang,” ujar Rumambi sembari menambahkan jika minat warga menjadi PPS saja  masih kurang bagaimana nanti partisipasi pemilih dapat meningkat.

Selain itu, lanjut Rumambi, dapat pula dibandingkan dengan partisiapasi pemilih pada Pemilukada Bitung tahun 2010 yang hanya mencapai 68%, Pilpres tahun 2014 hanya mencapai 67% dari jumlah pemilih 152 ribu lebih. “Meskipun angka partisipasi pemilih pada pemilihan legislative (Pileg) tahun 2014 lalu naik menjadi 74 persen dari jumlah pemilih 151 ribu lebih,” ungkap Rumambi.

Kembali pada persoalan kurangnya minta warga menjadi PPS, menurut Rumambi, antara lain karena terhambat dari aturan yang tidak memboleh seseorang menjabat  dua kali atau dua periode sebagai PPS.  “Karena itu kami berharap para lurah merekomendasikan para PPS itu agar dapat lebih dari tiga orang, supaya bisa diseleksi lagi,” pungkasnya. (05)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.