Remamuda Tomsel Tunjukkan Kreatifitas ‘Monuntul’ Sambut Lebaran

 Suasana Pemasangan Lampu Botol. Di Lorong pantai Tomsel.

Suasana Pemasangan Lampu Botol. Di Lorong pantai Tomsel.

Boltim, suarasulutnews.co.id – Dalam rangka menyambut Hari raya Idul Fitri, Remaja Masjid bekerjasama dengan Pemuda Desa (Remamuda) Tombolikat Selatan (Tomsel) Kecamatan Tutuyan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) pada Senin (13/07) hari ini, menunjukkan kreatifitasnya dengan penataan lampu hias (Monuntul) yang menarik di sepanjang Jalan.

Penataan ‘Monuntul’ ini semakin meriah. Sebab jalanan dipenuhi warga setempat. Terlihat di Lorong Pantai Desa Tomsel dengan tampilan lampu-lampu botol yang dijejer menarik di halaman rumah yang merupakan bagian dari budaya ‘Monuntul’.

“Ini adalah upaya kami untuk warga Tomsel khususnya yang ada di lorong pantai supaya tidak lagi susah – susah membuat lampu botol. Selain itu, ini juga persiapan untuk tahun depan jika ada Lombanya,” ujar Udi’ Manangin Koordinator Tim Kreatif Monuntul.

Menurutnya, setiap dusun di Desa Tomsel bisa membuat model penataan ‘Monuntul’ yang berbeda,”Untuk membuat suasana lebaran semakin kental, lebih bagus lagi jika setiap warga yang ada di tiap-tiap dusun dapat menunjukkan kreatifitasnya dalam menata lampu hias,” kata papa Pingkan sapaan akrabnya.

Diketahui, budaya ‘Monuntul’ secara umum di Bolaang Mongondow Raya, biasanya mulai digelar tiga hari menjelang hari raya Idul Fitri. Budaya ini ditandai dengan pemasangan lampu menggunakan lampu botol.(Dhyrta)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.