Tingkatkan Keterampilan, BPPP Beri Pelatihan Terhadap 6 Kelompok Nelayan Boltim

Tampak suasana pelaksanaan kegiatan pelatihan

Tampak suasana pelaksanaan kegiatan pelatihan

Boltim – Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan Aertembaga (BPPP) Bitung, pada Senin (20/06) siang tadi memberikan pendidikan dan pelatihan tentang Kebijakan Pengembangan Perikanan, dan menerapkan keselamatan serta kesehatan kerja diàtas kapal terhadap 6 kelompok pelaku utama perikanan di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Pendidikan dan pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan keterampilan dan sikap nelayan dalam merawat mesin induk kapal perikanan.

“Pada dasarnya, maksud dan tujuan penyelenggaraan pelatihan ini adalah untuk mengatasi kendala – kendala yang memungkinkan terjadi pada mesin kapal.” jelas Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan sekaligus sebagai Instruktur, Mulyadi kepada sejumlah awak Media tadi siang.

Adapun dasar pelaksanaan kegiatan pelatihan tersebut lanjut dia katakan, berdasarkan Surat Keputusan (SK) dari Kepala BPPP Aertembaga Nomor : 26/BPPP-BTG/DL.210/Kpts/III/2016 tertanggal 2 Maret 2016 tentang penyelenggaraan pelatihan bagi masyarakat Kelautan dan Perikanan.

“Jadi kegiatan ini, telah berlangsung sejak tanggal 16 hingga 21 Juni ini, yang pelaksanaannya dipusatkan di Desa Bulawan Kecamatan Kotabunan.” terang Mulyadi.

Dirinya berharap, agar masyarakat Boltim khususnya para nelayan yang ikut dalam pelatihan tersebut, dapat menjadi contoh bagi para nelayan lainnya dalam hal mengatasi masalah yang terjadi pada mesin kapal.

Selain itu juga, diapun berpesan agar, para pelaku utama perikanan dapat lebih meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guna peningkatan taraf hidup terutama untuk masalah kesejahteraan Nelayan.

“Nantinya, kepada peserta yang dinyatakan lulus akan diberikan tanda kelulusan berupa surat tanda tamat Pelatihan (STTP) yang dikeluarkan oleh kepala pusat pelatihan Kelautan dan Perikanan Jakarta,” tandasnya.(Dhyrta)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.