Siswa SMA Negeri I Tahuna Tertinggi UNBK di Sulut

Tahuna-Prestasi mengagumkan ditoreh salah satu siswa SMA Negeri I Tahuna dalam ajang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun 2017. Betapa tidak, pelajar yang bernama Marshia Pontoh tersebut, tidak hanya mampu menempatkan dirinya paling teratas di Provinsi Sulawesi Utara dari jumlah nilai yang mencapai 336 dengan angka rata-rata 84, tapi turut memecahkan rekor fantastis dalam sejarah UNBK perdana di Indonesia, yakni mendapat nilai sempurna 100 untuk mata pelajaran Bahasa jepang.

Kepala Sekolah SMA Negeri I Tahuna, Marthin luther Janis membenarkan ketika dikonfirmasi wartawan akhir pekan lalu.

”Benar, salah satu siswa SMA Negeri I Tahuna jurusan Bahasa meraih nilai UNBK tertinggi di Sulawesi Utara, bahkan untuk mata pelajaran bahasa jepang ia mendapat nilai sempurna 100,”ungkap Janis.

Terkait prestasi gemilang yang diraih anak didiknya, mantan Kepala Sekolah Ebenhaezer Manado itu tak hanya mengaku bangga dan memberikan apresiasi terhadap kepintaran sang siswa, tapi mengakui nilai sempurna yang diraih dalam ajang UNBK, apalagi UNBK baru kali pertama dilaksanakans secara serentak di Indonesia, merupakan capaian yang luar biasa dan menjadi sejarah pertama UNBK ada pelajar Sangihe yang meraih nilai tertinggi tingkat provisi ditambah dengan torehan nilai 100.

”Ini presitsai luar biasa, karena terjadi pada saat UNBK baru kali pertama digelar secara serentak di Indonesia,”ujarnya.

Sementara disamping merasa bangga, Janis juga mengakui prestasi yang diraih Marsha tidak hanya membawa nama baik sekolah serta membanggakan orang tua dan keluarga, tapi turut menjadi motivasi bagi siswa SMA Negeri I Tahuna lainnya ketika mengikuti UNBK ditahun-tahun mendatang.

”Dan kami yakin ditahun-tahun mendatang akan ada pelajar lainnya yang termotivasi dengan hasil capaian Marsha, sehingga untuk UNBK berikut bakal ada siswa yang meraih prestasi serupa bahkan melebihinya,”pungkas Janis.(eleh)

Tags:
author

Author: