25 Tumpukan Musik Bambu Klarinet Ramaikan Rangkaian Sambut HUT Mitra Ke-16

Mitra – 25 Tumpukan musik klarinet kembali memeriahkan dalam rangkaian menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-16 Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), yang jatuh pada 23 Mei 2023 mendatang.

Hal ini kembali terlihat, ketika panitia HUT Mitra kembali menggelar perlombaan masik bambu Klarinet, polines dan katreli, yang bertempat di Lapangan Ompi Ratahan.

Kegiatan musik bambu klarinet ini dibuka oleh Bupati James Sumendap,SH.MH, yang di wakili oleh ketua Panitia HUT Mitra, Jani Rolos yang merupakan Asisten l Pemkab Mitra, Senin(15/05-2023).

Mewakili Bupati Sumendap, Rolos dalam sambutannya mengatakan, bahwa ini untuk membangkitkan kembali budaya musik tradisional Minahasa yang sudah mulai puna, maka dari itu Pemkab Mitra menggelar kegiatan lomba musik bambu.

“Jadi ini juga sebagai aset pariwisata yang di miliki Pemkab Mitra yang perlu kita kembangkan, maka kita mulai pada lomba musik bambu yang diikuti 25 tumpukan musik” ucap Jani Rolos.

Lanjutnya, pada lomba musik bambu ini setiap peserta wajib membawakan lagu wajib Mars Minahasa Tenggara dan lagu bebas pilihan serta lagu ekstra.

“Pada perlombaa ini diikuti semua tumpukan musik bambu yang ada di 12 Kecamatan, yang desa desa memiliki tumpukan musik, ujar Rolos.

Ia juga mengatakan, bahwa sesuai komitmen dari Bupati James Sumendap, musik tradisional berupa musik bambu harus  dilestarikan di Mitra, dan telah menjadi agenda tahunan, karena ini akan menjadi daya tarik wisata di Kabupaten Minahasa Tenggara.

“Saya berharap tumpukan musik yang sudah mengikuti lomba dalam rangka HUT Mitra ke-16 yang ada di desa-desa, agar tetap dilestarikan, karena akan menjadi angenda tahunan ,”harap Rolos.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten ll Arnold Mokosolang, Asisten lll Elly Sangian, Anggota DPRD Sophia Antow, Para Camat, kepala kepala SKPD dan para Hukum Tua serta tamu undangan lainnya.

(J.S)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.